3 Lokasi Di Indonesia Yang Bebas Kendaraan Bermotor

Kendaraan bermotor pada saat ini menjadi kebutuhan yang di anggap penting dan pokok bagi kebanyakan orang. Segala rutinitas selalu melibatkan kendaraan bermotor. Padahal polusi udara di kebanyakan kota besar di Indonesia sudah teramat sulit di tanggulangi yang salah satunya di hasilkan dari kendaraan bermotor. Ini masalah serius. Terutama di kawasan lokasi wisata.

Tetapi jangan kawatir, Anda masih bisa jalan - jalan asyik di 3 lokasi di Indonesia tanpa perlu takut ada polusi udara. Berikut adalah 3 lokasi di Indonesia yang bebas kendaraan bermotor.

1. Desa Gili, NTB
Lombok di Nusa Tenggara Barat ternyata memiliki kawasan yang bebas polusi kendaraan bermotor, yaitu Desa Gili. Desa Gili yang terdiri dari 3 pulau, Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air ini tidak dilalui kendaraan bermotor sama sekali.

www.belantaraindonesia.org

Jika tidak percaya coba saja berkunjung langsung. Dijamin Anda tidak akan menemukan kendaraan bermotor satu pun di ketiga gili ini. Kendaraan yang digunakan penduduk setempat adalah Cidomo alias kereta kuta khas Lombok dan sepeda.

Desa Gili memang sengaja melarang warga dan turis yang datang untuk menggunakan kendaraan bermotor. Semua dimaksudkan untuk menjaga terus kelestarian alam dan menjaga udara tetap segar, bebas polusi. Turis pun bisa berjalan di desa ini dengan nyaman, dan terus menghirup udara segar.

2. Krakatau, Lampung
Nama Gunung Krakatau sudah tidak asing lagi di telinga Anda, terutama para traveler. Kawasan ini memang memiliki keindahan yang patut untuk diacungi jempol. Gunung Anak Krakatau cukup berbeda dengan gunung lain yang berada di daratan. Tidak ada hutan yang mengelilingi, hanya ada hamparan pasir. Inilah daya tarik Krakatau.

www.belantaraindonesia.org

Ada satu hal lagi yang membuat Krakatau begitu spesial, udara di sekitarnya yang bersih dan bebas polusi. Tentu saja udara di Krakatau begitu bersih, karena hampir tidak ada kendaraan bermotor yang melewatinya.

Tidak adanya penduduk tetap di Krakatau, menjadikan tempat ini bebas dari asap kendaraan. Selain itu, pengunjung yang datang pun tidak membawa kendaraan, sekalipun roda dua. Kebanyakan turis datang dengan perahu dan menyusuri Krakatau dengan berjalan kaki. Inilah salah satu penyebab bersihnya udara Krakatau.

3. Pulau Sempu, Jawa Timur
Daerah lain yang bebas kendaraan bermotor ada di Jawa Timur, Pulau Sempu namanya. Pulau ini dikenal sebagai pulau yang cukup sepi karena tidak berpenghuni. Tapi Pulau Sempu ramai dikunjungi wisatawan, khususnya malam minggu dan malam liburan lainnya.

www.belantaraindonesia.org

Biasanya, turis yang datang menghabiskan waktu dengan duduk - duduk santai di pinggir pantai, menyalakan api unggun dan bermain bola. Udara bersih dan segar akan dengan setia menemani setiap wisatawan yang datang. Kesegaran udara ini, mungkin tidak akan Anda temui di daerah lain di Malang.

Kebersihan udara milik Pulau Sempu bukan datang secara tiba - tiba, tapi dari turis yang datang. Mereka dengan hormat tidak membawa kendaraan bermotor saat liburan di pulau ini. Kebanyakan turis menikmati pulau dengan berjalan kaki. Jadi, dijamin tidak akan menemukan kendaraan bermotor di Pulau Sempu. source

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×