Dieng, Persemayaman Para Dewa

Dataran Tinggi Dieng di percaya sebagai tempat persemayaman para Dewa, maka tidaklah mengherankan ada komplek candi bersejarah disana. Terletak di ketinggian ribuan kaki, Dieng pun akan membuat Anda jatuh cinta pada alamnya.

Dieng, Persemayaman Para Dewa
Dataran Tinggi Dieng
Kawasan ini terletak di Desa Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, atau 26 km sebelah utara Kota Wonosobo.

Tidak sedikit wisatawan dalam dan luar negeri yang berkunjung ke tempat ini. Ada hamparan kebun teh, pemandangan yang hijau, udara yang segar dan sunrise - nya yang menawan.

Dieng berasal dari bahasa Sansekerta yaitu "Di" yang berarti tempat yang tinggi dan "Hyang" yang artinya tempat para Dewa.

Anda dapat menemukan komplek candi di kawasan ini. Candi - candi tersebut diberi nama sesuai keyakinan dan tokoh - tokoh cerita epik Mahabarata seperti Bima, Gatotkaca, Arjuna dan Srikandi.

Diperkirakan, candi - candi tersebut dulunya digunakan oleh umat Hindu untuk beribadah.

Dieng, Persemayaman Para Dewa
Komplek Candi - Candi
Tidak hanya candinya saja, hamparan alam di tempat ini sungguh menggoda. Udara dingin yang sejuk akan Anda rasakan saat menginjakan kaki di kawasan dengan ketinggian 2.000 Mdpl ini. Siapkan jaket Anda karena sekali - kali kabut tebal akan menghampiri tempat ini.

Ada banyak kecantikan yang dapat Anda lihat di Dataran Tinggi Dieng, antara lain Telaga Warna, kawah - kawah, komplek candi, dan juga hamparan kebun teh.

Ada juga Dieng Pletau Theater yang menampilkan film dokumenter tentang alam, budaya, dan aktifitas vulkanik gunung berapi yang ada di Dataran Tinggi Dieng.

Saat Matahari hendak terbit, berjalanlah ke atas puncaknya. Cahaya keemasan akan menghangatkan pagi Anda yang dingin oleh kabut yang menyelimuti.

Ya, Sang Surya mulai muncul dari tidurnya dan menghangatkan siapa pun yang berada di tempat persemayaman Dewa tersebut. Cantiknya wajib diabadikan dalam kamera.

Dieng, Persemayaman Para Dewa
Kawah Sikidang
Anda juga bisa berinteraksi dengan masyarakat Dieng dan bercengkrama dengan mereka. Jika ingin menginap, ada banyak homestay dengan harga yang berkisar puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

Anda akan menemukan kesyahduan yang dibalut dengan pesona alam yang sungguh indah di Dataran Tinggi Dieng. Selamat berkunjung ke tempat persemayaman para Dewa dan lihatlah keagungan alamnya. source

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×