Panorama Sisa Ganasnya Merapi Dari Kinahrejo

Desa Kinahrejo di Yogyakarta adalah merupakan daerah yang di jadikan pusat Lava Tour. Disana wisatawan bisa menyaksikan sisa dari ganasnya Merapi dari peninggalan puing - puing rumah yang sudah hancur dan juga panorama wilayah bencana Merapi dari Kinahrejo.

www.belantaraindonesia.org
Desa Kinahrejo dari atas Bukit
Menikmati wisata Lava Tour Merapi di Sleman, Yogyakarta, tidak puas bila hanya menikmati panorama dari dekat. Wisatawan bisa mencoba sedikit menanjak ke arah yang lebih tinggi di sisi kiri Desa Kinahrejo.

Puing - puing reruntuhan rumah, pasir dan bebatuan bekas lava dingin yang terlihat menghijau menjadi pemandangan saat masih berada di dalam kendaraan. Namun, setibanya di parkiran mobil, pasir hitam Merapi akan menjadi pijakan Anda pertama kali.

Ya, kendaraan memang tidak diperbolehkan masuk ke dalam lokasi, kecuali kendaraan yang disewakan oleh pihak pengelola. Jalan kaki atau naik ojek menjadi pilihan di sana. Namun, jalan kaki lebih seru karena mata ini bisa berlama - lama minikmati panorama di sepanjang jalan menuju Desa Kinahrejo.

www.belantaraindonesia.org

Bekas Rumah Mbah Maridjan pun menjadi lokasi pertama yang penulis kunjungi. Hanya pagar bambu dan lahan kosong dengan gubuk kecil yang menandakan bahwa itu lahan bekas rumah Mbah. Saat itu banyak wisatawan yang datang berlibur.

Suasana yang ramai di pelataran rumah Mbah Maridjan membuat  merasa bosan. Saat itu terlihat di sisi kiri Desa Kinahrejo terdapat bukit dengan hiasan satu gubuk mungil di atasnya.

Puing - puing bangunan, pasir yang mulai menyelimuti kaki, serta jalan yang menanjak menjadi area yang harus dilewati untuk menuju bukit tersebut. Setelah melewati jalur yang menguras tenaga, sampailah Anda di atas bukit tersebut.

www.belantaraindonesia.org
Pos Mbah
Di atas bukit ini terdapat sebuah bangunan. Bangunan itu lebih mirip seperti gubuk yang berada di sawah - sawah. Terlihat tulisan "Pos Mbah" yang terpampang di papan yang terpaku di salah satu tiangnya. Pos ini juga berfungsi sebagai pos keamanan. Hanya saja, saat itu tidak ada petugas atau siapa pun yang berjaga.

Sekilas pemandangan dari atas bukit ini memang biasa saja. Tapi, ketika melihatnya dengan tenang, dari atas sinilah Anda akan benar - benar melihat betapa dahsyatnya amukan sang Merapi.

Terlihat daratan luas yang rata dengan pasir dan batu dari atas sini. Terkadang terlihat hijau pepohonan yang sudah kembali tumbuh mewarnai kaki gunung yang mengamuk di tahun 2010 ini.

Semuanya terlihat kecil, Desa Kinahrejo yang tadi terlihat penuh sesak dari sini pun terlihat dengan sangat jelas. Semua bekas material muntahan Merapi menyelimuti seluruh bagian kakinya. Tak ada lagi rumah - rumah, pohon, dan lahan hijau warga. Semuanya terlihat putih dan berbatu.

www.belantaraindonesia.org
Kali Gendol arah muntahan lava pijar Merapi
Wushh! Angin yang berhembus dari arah gunung pun sangat terasa di atas sini. Jangan sekali - kali Anda lupa untuk mengabadikan panorama yang nyatanya membuat hati miris.

Beginikah bila Merapi marah? Semuanya dihancurkan dan hanya puing - puing rumah serta cerita suram yang ditinggalkannya. Dari Kinahrejo Anda akan melihat bagaimana peristiwa ini menghancurkan daerah di sekitarnya. source

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×