Pulang Ke Kotamu, Yogyakarta

Pulang ke kotamu, Yogyakarta. Sedikit mengutip lirik dari lagu populer Kla Project yang berjudul Yogyakarta. Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata sempurna. Mulai dari wisata belanja, alam, budaya hingga sejarah semua ada di sini.

www.belantaraindonesia.org

Jika ada pertanyaan mengapa harus selalu ke Yogyakarta, jawabannya adalah banyak. Yogyakarta itu semacam tempat pelarian di tengah sumpeknya kegiatan keseharian. Waktu tempuh delapan jam bila menggunakan kereta api dari Jakarta membuat Kota Pelajar ini masuk dalam daftar destinasi akhir pekan.

Suasana di Yogyakarta sangat berbeda dengan Ibu Kota. Udaranya yang sejuk, tutur bicara penduduk yang santun, dan tatapan yang ramah, mewarnai kehidupan di Yogyakarta.

Baik pagi, siang, sore maupun malam Yogyakarta tetap layak untuk dinikmati. Ada banyak spot yang bisa membuat akhir pekan Anda lebih seru. Dan 6 tempat ini bisa membuat Anda jatuh cinta kepada Yogyakarta.

1. Malioboro
Jalan ini sudah menjadi ikonnya Yogya. Saat berkunjung ke Yogya, beberapa wisatawan pasti ingat Malioboro. Malioboro menjadi tempat yang sangat berkesan.

www.belantaraindonesia.org

Di Malioboro pelancong bisa belanja aneka aksesoris, pernak - pernik bermotif batik, dan oleh - oleh khas Yogya. Harga yang ditawarkan oleh pedagang di sini pun tergolong murah, asal pandai menawar. Saat pagi, Anda bisa menemukan deretan tempat makan lesehan yang menjual soto, bubur kacang hijau, gudeg, dan lain - lain.

Bila ingin melihat Malioboro yang sebenarnya, datanglah saat malam hari! Gemerlap lampu jalanan, pertokoan, dan warung tenda pinggir jalan mulai bergeliat kala malam datang. Warung lesehan pun lebih ramai ketika malam. Jangan lupa mencoba wedang ronde khas Yogya yang banyak dijual di pinggir jalan.

2. Candi Prambanan
Candi yang eksotis karena arsitekturnya dan legendanya yang mistis. Ada kisah yang menyebutkan kalau datang bersama pasangan maka hubungan Anda akan berakhir.

www.belantaraindonesia.org

Kalau hobi dengan sejarah dan kebudayaan, Candi Prambanan yang berada di Kabupaten Sleman dan Klaten ini menjadi destinasi yang pas. Disini Anda bisa membuktikan sendiri tentang kisah seribu candi. Bila legenda menyatakan ada seribu candi di sini, sepertinya agak keliru, total candi di Prambanan berjumlah sekitar 240.

Prambanan ini sangat cantik dan sensual, apalagi jika dipandang dari Keraton Ratu Boko. Satu lagi, jangan sampai Anda lewatkan momen Matahari tenggelam di Candi Prambanan. Apalagi sambil menikmati teh poci khas Yogya yang sedap.

3. Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis terkenal dengan kisah tempat tinggal Ratu Kidul. Menjelang sore ombak pantai ini akan lebih besar. Deburan ombaknya pun akan membawa ganggang dan rumput laut sehingga warna pantai menjadi kehijauan.

www.belantaraindonesia.org

Bermain ombak, menyesapi aroma air laut yang asin, atau berkeliling pantai menggunakan delman, bisa menjadi hal yang asyik saat berada di pantai ini. Bila merasa lapar, Anda bisa menikmati santapan dari jejeran tenda makanan yang ada di seputaran pantai, harganya pun sangat bersahabat alias murah.

Sunset di Parangtritis merupakan momen yang paling tidak bisa dilupakan saat berada di pantai yang terletak di pesisir selatan Yogya. Kebanyakan wisatawan datang ke Parangtritis untuk menyaksikan Matahari terbenam.

4. Gumuk Pasir
Tidak jauh dari Parangtritis, setelah melewati Pantai Depok, singgahlah terlebih dahulu di Gumuk Pasir. Tidak perlu jauh - jauh ke Gurun Sahara di Afrika untuk merasakan sensasi gurun pasir, di Yogya juga ada!

www.belantaraindonesia.org

Tempat ini berupa bentangan pasir yang sangat luas. Keunikannya membuat tempat ini sering dijadikan sebagai lokasi syuting video klip atau film. Saat berada di sini, Anda harus hati - hati dengan tiupan angin keras yang bisa membuat mata kelilipan.

Untuk sampai di Gumuk Pasir, pelancong hanya perlu menyusuri Pantai Parangtritis menuju Pantai Depok. Tidak lama kemudian, Anda bisa merasakan suasana panas Gumuk Pasir.

5. Pantai Kukup
Setiap pantai di Yogya memang punya keunggulannya masing - masing. Nah, bila Parangtritis itu merupakan bentangan pasir hitam nan luas dengan ombaknya yang besar, Kukup memiliki keduanya kecuali pasirnya yang putih dan dibingkai dengan panorama karang yang cantik.

www.belantaraindonesia.org

Sebenarnya Pantai Kukup ini satu paket dengan Pantai Krakal dan Pantai Baron. Ketiganya hanya dipisahkan oleh tebing - tebing. Jika Parangtritis hanyalah bentangan pasir dan pantai, ketiga pantai ini dihiasi tebing karang yang kokoh dan garang. Di Pantai Kukup kita bisa duduk lesehan, mengambil rumput laut karena ada bagian pantai yang tidak diterpa ombak.

6. Pasar Beringharjo
Sudah menjadi kebiasaan wisatawan di Yogya untuk mampir ke Beringharjo. Di pasar tradisional ini banyak pedagang yang menjual pernak - pernik dan jajanan dan makanan khas Yogya.

www.belantaraindonesia.org

Harga barang di pasar Beringharjo jauh lebih murah ketimbang yang dijual di pinggir Malioboro. Selain belanja tentu saja menikmati jajanan dan kudapan yang dijual di sana menjadi agenda wajib saat berada di Beringharjo.

Tempat tersebut di atas menjadi destinasi yang tidak pernah absen di kunjungi para penggila wisata saat berada di Yogyakarta. Ketika berada di tempat - tempat ini, hati Anda semakin jatuh cinta dan merasakan kesempurnaan Yogyakartasource

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×