Keheningan Alam Di Danau Ranamese

Bila Anda ingin berada dalam sebuah suasana keheningan alam serta menyatu dengannya, datanglah ke Danau Ranamese di Ruteng, Nusa Tenggara Timur. Danau yang berada di ketinggian 1.200 mdpl ini sangat sejuk untuk di datangi. Alam yang masih asri seolah menjadi bahan refleksi diri.

www.belantaraindonesia.org

Perjalanan menuju Ruteng, Kabupaten Manggarai, Flores, NTT dapat ditempuh dengan pesawat terbang ke Labuan Bajo. Lalu, perjalanan dapat dilanjutkan dengan menyewa mobil atau sepeda motor. Perjalanan dari Ruteng menuju Danau Ranamese berjarak 25 km, dan dapat ditempuh dengan waktu 1 jam. Sepanjang perjalanan, udara sejuk dan pemandangan yang hijau akan menemani Anda. Menuju Danau Ranamese cukup mudah, karena lokasinya berada di dekat jalanan utama Kota Ruteng.

www.belantaraindonesia.org

Danau Ranamese memiliki luas sekitar 5 hektar dengan kedalaman 43 m. Danau ini berada di ketinggian 1.200 mdpl, jadi jangan kaget bila melihat kabut tebal di tempat ini. Danau Ranamese termasuk danau vulkanis.

Awalnya, Danau Ranamese berupa kawah gunung yang tertutup air sehingga bagian tepian danau berbentuk curam. Danau ini juga mirip dengan Danau Tiga Warna Kelimutu, yang terbentuk dari kawah gunung.

www.belantaraindonesia.org

Danau Ranamese menawarkan pesona keheningan alam, karena tempatnya yang masih sangat alami. Danau ini dikelilingi oleh hutan - hutan yang hijau dan lebat. Kadang, danau ini diselimuti kabut yang dingin dan menyejukkan.

Selain menikmati alamnya yang hening, Anda juga dapat berburu foto di danau ini. Tiap sudut danau memiliki pemandangan yang indah. Kombinasi antara danau, kabut dan pepohonan, dapat menjadi objek foto yang menarik. Anda juga bisa ikut memancing di Danau Ranamese bersama masyarakat setempat.

www.belantaraindonesia.org

Mengelilingi danau dengan trekking juga jadi kegiatan yang menyenangkan. Hutan yang masih alami akan memberikan tantangan yang berbeda. Akan tetapi, Anda jangan sampai jatuh ke air karena airnya sangat dingin! Apalagi pada bulan Juni - Juli.

Danau Ranamese adalah sebuah eskapisme Anda dari aktivitas sehari - hari yang membosankan. Keheningannya bagaikan suatu nada alam, yang akan kembali menyegarkan pikiran Anda. source

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×