Hutan Paling Luas Di Dunia

Hutan dengan segenap isinya, mulai dari pohon - pohon, semak belukar, aneka fauna sebagai penghuninya, mungkin sudah terbiasa Anda ketahui atau bahkan pernah Anda kunjungi. Tetapi pernahkah Anda menemukan hutan yang penuh dengan batu - batu yang menjulang laksana pohon?

www.belantaraindonesia.org

Tetapi di Madagaskar bagian barat, ada hutan dengan batu - batu menjulang seperti pohon. Bahkan, hutan batu ini jadi yang terluas di dunia.

Bayangkan Anda ada di sekeliling bebatuan yang mencuat lancip setinggi hampir 70 meter ke udara. Jika dilihat dari atas, bebatuan ini tampak seperti pepohonan pinus yang padat. Jika dari bawah, berada di hutan ini seperti ada di dalam gua yang tak beratap, demikian dikutip dari BBC Travel.

www.belantaraindonesia.org

Hutan bebatuan ini bernama cagar alam Tsingy de Bemaraha Strict, namun juga dikenal dengan istilah Hutan Labirin Batu. Tsingy, demikian nama pendeknya, berasal dari bahasa setempat yang berarti 'tidak ada orang yang bisa berjalan dengan telanjang kaki di sini'. Dalam hutan dengan luas area sekitar 666 km2, tersebar bebatuan karst yang telah ditempa zaman dan alam.

Menurut beberapa peneliti, lancipnya bebatuan ini berasal dari tetesan air hujan yang mengguyur kawasan hutan itu selama beratus bahkan beribu - ribu tahun. Tahun 1990, hutan ini masuk dalam salah satu Situs Warisan Alam UNESCO. Dipilih karena keunikan panoramanya, geografi yang luar biasa, hutan mangrove yang dilindungi serta fauna endemik yang sangat menarik.

www.belantaraindonesia.org

Hampir semua dari ujung batu karst ini sangat lancip. Jika ingin melihat geliat kehidupan fauna di dalam hutan batu ini, Anda bisa mengintip setidaknya 10 meter dari puncak batu. Ada dua cara menjelajah hutan eksotis ini antara lain dari atas atau dari bawah. Sebelum menjelajah, pastikan Anda sudah memiliki perlengkapan keamanan yang lengkap dan berfungsi baik.

Dari atas, Anda bisa memanjat ujung - ujung bebatuan seperti sedang memanjat tebing. Hati - hati, bebatuan ini sangat lancip dan tentu saja tajam. Jangan sampai terpeleset jika tidak ingin terluka fatal. Ada juga cara lain yaitu menjelajah dari bawah. Ini berarti Anda turun ke dasar hutan dan menelusuri celah - celah batu.

www.belantaraindonesia.org

Ada celah yang besar ada juga yang kecil. Di sini hidup beberapa satwa endemik yang lucu sekaligus berbahaya. Salah satu satwa yang paling terkenal di sini adalah lemur putih. Lemur ini sejenis primata yang berekor panjang dan memiliki kemampuan loncat yang jauh, hampir sama seperti bajing loncat.

Lemur putih ini suka bertengger di puncak bebatuan. Dari jauh, binatang ini akan mudah menarik perhatian semua pelancong. Selain lemur, masih ada luwak, 45 jenis reptil, dan ratusan jenis burung yang juga hidup di kawasan ini.  source

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×