Penyebab Dan Pencegahan Kepunahan Penyu Indonesia

Penyu laut Indonesia pada dewasa ini mengalami kepunahan. Padahal, Indonesia adalah sedikit tempat di dunia dimana penyu laut ditemukan. Kemudian apakah penyebab kepunahan penyu laut dan bagaimana cara pencegahannya? Ketahui dan kenali dari sejak dini.

www.belantaraindonesia.org

 Cuaca buruk mengancam populasi penyu
Kondisi cuaca buruk membahayakan populasi penyu, bayi penyu yang lahir akibat peningkatan hujan yang signifikan. Data dari pusat pembiakan penyu mengungkap bahwa ada 20.515 telur gagal menetas dari 54.228 telur yang dimonitor. Situasi ini merupakan akibat dari meningkatnya kelembaban tanah seiring dengan naiknya curah hujan. Kelembaban yang tinggi itu membuat banyak telur membusuk.

 Gangguan Habitat Penyu
Menurunnya populasi penyu di alam selain diakibatkan oleh terjadinya tingkat pemanfaatan yang karang terkendali dan bertentangan dengan kaidah - kaidah pengelolaan SDA hayati yang terperbaharukan. Pertentangan ini antara lain: penangkapan dan pembantaian secara berlebihan dengan menggunakan alat - alat tombak, panah, dan faring.

Di samping itu adanya gangguan terhadap terumbu karang dan padang lamun sebagai habitat penyu, wilayah pesisir pantai sebagai tempat bertelur, dan adanya berbagai kegiatan pembangunan yang dapat menurunkan daya dukung lingkungan, misalnya: pembangunan hotel, tambak, pelabuhan, pengerukan dan penambangan pengeboran minyak lepas pantai.

www.belantaraindonesia.org

Pencegahan kepunahan Penyu Laut Indonesia
Kesadaran Kita Menjaga Kelestarian Penyu
Perlunya ditanamkan kesadaran yang mendalam akan pentingnya kaidah-kaidah pelestarian dalam kaitannya dengan pemanfaatan sumberdaya penyu secara rasional.

Pengawasan
Perlu dilakukan pengawasan dan pengendalian terhadap pelaksanaan ketentuan di bidang pengelolaan sumber daya penyu, penangkapan dan pengambilan telur.

Penegakan Hukum atas Perusakan Sumber Daya Penyu
Penyu yang ada di Indonesia telah dilindungi UU No. 5 tahun 1990 tentang Konservasi SDA Hayati dan Ekosistemnya dengan aturan pelaksanaannya PP No. 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

Koordinasi
Perlu adanya koordinasi antara instansi terkait sehingga tidak terjadi pengelolaan yang tumpang tindih dan terhindarnya produk hukum yang berbeda tentang pengelolaan sumber daya penyu.

Penelitian, Pendidikan dan Pengelolaan Penyu
Melakukan upaya - upaya penelitian, pengembangan, pendidikan, dan latihan yang berkaitan dengan pengelolaan konservasi sumber daya penyu. source

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×