Surga Kecil Bagi Pendaki Rinjani

Tak ada yang lebih membahagiakan selain menemukan surga kecil berwarna kebiruan setelah lelah mendaki gunung selama berjam - jam. Surga kecil itu bernama Danau Segara Anak; berada di lembah sisi barat Gunung Rinjani yang secara geografis terletak di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat.

www.belantaraindonesia.org

Gunung Rinjani yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, sejak dulu terkenal memiliki panaroma luar biasa indah apabila dibandingkan dengan gunung-gunung lain di Indonesia.

Sepanjang jalur pendakian, mata Anda akan dimanjakan panorama alam di bawah pegunungan meliputi pemandangan sekitar Lombok, Flores, bahkan Bali. Tidak cukup dengan itu, Gunung Rinjani pun menyimpan daya tarik utama lain dengan adanya Danau Segara Anak.

Danau Segara Anak merupakan danau kawah ( kaldera ) Gunung Rinjani; berada di ketinggian sekitar 2.008 m dpl dengan luas mencapai 1.100 hektar dan kedalaman berkisar  160 – 230 meter. Di tengah - tengah danau, nampak anak Gunung Rinjani yang dinamakan Gunung Baru Jari ( gunung baru jadi ) dengan ketinggian 2.376 mdpl.

Gunung ini masih terbilang aktif dan terakhir meletus pada 2009 ; sebelumnya gunung ini juga meletus tahun 2004. Oleh karenanya, saat mengunjungi danau ini dan mendaki Rinjani, Anda harus hati - hati dan memperhitungkan rutinitas gunung merapi yang masih aktif ini dengan menghubungi pihak terkait ( salah satunya Balai Taman Nasional Gunung Rinjani ).

www.belantaraindonesia.org

Nama Segara Anak sendiri adalah berarti anak laut ( segara = laut ); hal ini didasarkan pada warna air danau yang kebiruan seperti warna air laut. Danau ini seolah ganjaran atas keringat dan tenaga yang terkuras setelah Anda lelah berjalan sebelum atau sesudah mendaki puncak Rinjani

Sebagai salah satu daya tarik utama Gunung Rinjani, danau ini sudah tentu menjadi jalur penting pendakian Rinjani yang merupakan gunung api tertinggi kedua di Indonesia. Danau yang berwarna kebiruan ini pun kaya akan ikan yang boleh dan bebas dipancing oleh pendaki dan masyarakat lokal.

Selain keindahan danau di atas pegunungan yang memesona, Danau Segara Anak yang berjarak sekira 5 kilo meter dari puncak Rinjani ini pun menawarkan banyak daya tarik lainnya. Tidak hanya pesona alamnya yang indah, danau ini juga menawarkan sejumlah kegiatan menyenangkan yang dapat dinikmati sambil merasakan dan mengenal pesona dan cerita mistis yang meliputi Gunung Rinjani dan sekitarnya.  src

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×