Mendakilah Dengan Sepatu Gunung

Mendakilah dengan sepatu gunung. Mengapa? Semua kembali ke tingkat keamanan dan kenyamanan Anda. Sepatu gunung adalah salah satu peralatan wajib saat Anda mendaki ataupun melewati medan yang tidak biasa.

Sering kita melihat pendaki gunung saat berada dalam kegiatan tersebut menggunakan sandal jepit atau sepatu yang tidak di khususkan untuk mendaki.

Mendakilah Dengan Sepatu Gunung

Olahraga mendaki gunung kini telah menjadi pilihan sebagian orang karena dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air, alam, dan lingkungan sekitar.

Dengan menggunakan sepatu gunung yang tepat dan sesuai, kegiatan mendaki gunung akan lebih menyenangkan, aman, dan nyaman.

Sepatu gunung juga biasa ditujukan kepada jenis sepatu treking. Sepatu ini memiliki fitur yang berbeda dari sepatu biasa mengingat kegunaannya yang juga berbeda.  

Sepatu gunung akan menjadi pelengkap dalam kegiatan mendaki gunung Anda sekaligus menjadi salah satu alat yang bermanfaat menghadapi kondisi cuaca dan perjalanan yang mudah berubah.

Sepatu gunung berguna dalam membantu Anda menghadapi jalan yang berbeda, seperti kemiringan tanah, jalan basah dan licin, dan lain - lain.

Dengan sepatu ini, menghadapi medan yang jauh berbeda yang lebih sulit dan menantang akan terasa lebih mudah.

>Selain itu, sepatu gunung juga membantu melindungi kaki dan pergelangan kaki saat Anda berjalan mendaki dengan barang bawaan yang berat seperti perlengkapan pribadi Anda.

Sepatu ini tentu membantu Anda berdiri lebih kokoh dan seimbang dengan barang yang Anda bawa.

Sepatu gunung sangat direkomendasikan saat Anda melakukan pendakian ataupun kegiatan olahraga yang membutuhkan performa kaki yang kuat.

Sepatu ini sengaja memang didesain khusus untuk mendaki dan perjalanan agar kaki lebih mudah bergerak, melompat, mengayun, serta memanjat.

Lalu sudahkah Anda mengetahui apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih sepatu gunung yang berkualitas dan ketahanan yang baik?

Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Anda ketahui sebelum memilih sepatu gunung Anda.

Sepatu gunung tersedia dalam berbagai bahan dan jenis yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Untuk bahannya, beberapa jenis sepatu gunung yang nyaman biasanya berbahan kulit yang tidak terlalu kaku ataupun berat saat dikenakan.

Hal ini mempengaruhi pemakai untuk mengimbangi kecepatan dengan medan yang dihadapi. Bahan yang baik juga tahan air dengan udara yang mudah keluar dan masuk dari sepatu lewat pori - pori.

Bahan ini biasa disebut dengan bahan yang breathable.

Selain sepatu gunung, ada tiga kategori dalam sepatu kegiatan - kegiatan outdoor. Kategori tersebut adalah sepatu bagi keperluan pendakian ringan, sepatu bagi pendakian sedang, dan sepatu bagi pendakian berat.

Kategori sepatu pertama adalah sepatu bagi pendakian ringan yang didesain untuk perjalanan pendek. Perjalanan pendek ini misalnya pendakian selama sehari atau aktivitas yang berakhir untuk semalam.

Titik berat sepatu kategori ini adalah pada tingkat kenyamanan yang terletak pada bantalan pelindung dan bahan sepatu breathable yang telah dijelaskan sebelumnya.

Dengan kemampuan sepatu mengeluarkan uap panas dalam sepatu, pemakai akan merasa nyaman mengenakan sepatu gunung mereka lebih lama.

Kategori sepatu selanjutnya adalah sepatu bagi pendakian sedang. Sepatu ini biasanya didesain untuk penggunaan aktifitas pendakian dimana pemakainya membawa beban baik ringan hingga cukup berat. Kategori sepatu ini, sesuai kebutuhannya, memiliki ketangguhan yang lebih baik dibanding sepatu gunung kategori ringan.

Sepatu ini dapat menyangga hingga menahan beban yang dibawa pemakainya. Bobot sepatu ini ringan dan bermanfaat untuk menghadapi perjalanan yang pendek hingga perjalanan yang sedang dan medan yang cukup berat.

Kategori sepatu gunung yang terakhir adalah sepatu bagi pendakian berat. Jenis sepatu ini biasanya boot dan benar - benar didesain untuk perjalanan yang panjang dan medan yang berat bagi pendaki yang membawa beban sedang hingga berat. Sepatu yang satu ini mampu menyangga berat, pergelangan kaki, dan juga melindunginya.

Sepatu ini jenis yang sangat tangguh yang cocok digunakan bagi Anda yang akan melakukan perjalanan berhari - hari atau hingga berminggu - minggu.

Beberapa jenis dari kategori sepatu ini bahkan cocok untuk digunakan di medan es ataupun salju karena sangat baik dalam melindungi kaki. Sepatu ini sangat direkomendasikan untuk kegiatan mountaineering.

Sepatu gunung adalah jenis sepatu yang sangat tangguh, terbukti dari beberapa fungsi dan kategori yang telah dipaparkan di atas.

Untuk aktifitas kaki yang ekstrim, menggunakan sepatu ini sangat dianjurkan. Pengembangan pada sepatu gunung ini masih terus dilakukan untuk mendapatkan alas sekaligus pelindung kaki yang lebih nyaman bagi Anda penyuka olahraga kaki ekstrim.Jadi tentukan dan pilih sepatu terbaik untuk pendakian gunung  Anda.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×