Cara Mencegah Linglung Untuk Pendaki Gunung

Mendaki gunung bukan perkara mudah. Selain persiapan perbekalan, kesiapan fisik harus diutamakan. Bagi orang yang terbiasa hidup di dataran rendah , harus menyesuaikan diri dengan udara di ketinggian, atau yang biasa disebut aklimatisasi.

www.belantaraindonesia.org

Badan kita perlu dilatih, karena semakin tinggi tempat kita berada akan semakin tipis oksigennya. Kekurangan oksigen pengaruhnya terhadap pendakian banyak sekali, bahkan bisa mengancam nyawa. Karena, saat oksigen mulai menipis, pasokan oksigen ke otak juga akan berkurang. Jika oksigen di otak berkurang, dapat menyebabkan pusing hingga hilangnya kesadaran. Hal ini sering sekali dialami oleh para pendaki pemula.

Biasanya berawal dari pusing akan menyebabkannya linglung. Linglung inilah bisa mengakibatkan pendaki tersesat. Kalau sudah pusing bisa jadi linglung, salah jalan dan tersesat. Kebanyakan akan seperti itu.

Jika berniat menjadi penggiat alam yang serius, pendaki pemula harus mempelajari trik persiapan terelbih dahulu. Jangan malah jadi pendaki amatir yang dapat menyebabkan bahaya bagi diri sendiri. Agar sebisa mungkin para pendaki pemula mengajak temannya yang sudah berpengalaman. Hal tersebut akan lebih membantu.

Amatir itu kebanyakan kurang persiapan. Kalau tersesat mereka panik. Karena biasanya mereka juga tidak membawa persediaan makanan lebih dan akhirnya meninggal.

Banyak kasus pendaki yang tersesat dan hilang disebabkan kurang penyesuaian diri dengan udara di ketinggian. Biasanya, mereka yang biasa celaka itu adalah pendaki amatiran. Jadi, pelajari lebih jauh tentang persiapan awal sebagai pendaki gunung ya...

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×