7 Gunung Bagi Pendaki Gunung Penyuka Tantangan

Mendaki gunung adalah sebuah kegiatan yang terus memacu adrenalin. Selain melintasi medan yang beresiko tinggi, penguasaan terhadap diri sendiri juga sangat diperlukan. Bila Anda suka mengaku pendaki gunung penyuka tantangan, bisa di coba 7 gunung berikut ini.

1. Gunung Slamet, Jawa Tengah
Gunung Slamet adalah gunung tertinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.428 mdpl. Gunung ini adalah salah satu tujuan favorit para pendaki, baik pemula maupun profesional. Padahal, Slamet adalah salah satu gunung yang cukup ekstrim.

www.belantaraindonesia.in

Selain aktivitas vulkanik dan cuaca, kemiringan terjal dari batas vegetasi menuju puncak butuh kewaspadaan saat mendakinya.

Jalur Baturaden atau Kaliwadas bisa dikatakan paling ekstrim dibanding jalur - jalur lainnya. Sesaat sebelum puncak, setelah melewati batas vegetasi, pendaki langsung berhadapan dengan puncak Baturaden yang tipis dan berhadapan langsung dengan kawah aktif.

2. Gunung Semeru, Jawa Timur 
Gunung yang 'booming' lewat film 5 Cm ini adalah yang tertinggi di Pulau Jawa, 3.676 Mdpl. Selain trek yang cukup menantang, cuaca di gunung ini membuat pendakian menjadi ekstrim di waktu - waktu tertentu.

www.belantaraindonesia.in

Terkadang bisa bersuhu di bawah 0 derajat Celcius, menimbulkan bulir - bulir es di pagi hari seperti yang pernah saya alami di puncak. Longsoran batu dan pasir juga perlu diwaspadai kalau mau menuju puncaknya.

Walau kebijakan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ( TNBTS ) sampai saat ini membatasi pendakian hanya sampai wilayah Kalimati, namun tetap saja, aktivitas vulkanis Gunung Semeru juga harus diwaspadai.

3. Puncak Cartenz, Papua 
Inilah dia, sang raksasa, puncak tertinggi di Indonesia. Tiap pendaki pasti menyadari bahwa Cartenz adalah gunung ekstrem untuk didaki. 4.884 Mdpl, puncak Cartenz adalah satu - satunya tempat di Indonesia yang diselimuti salju abadi. Udara dingin tentunya menjadi kendala utama. Di lerengnya saja, suhu bisa mencapai 10 derajat Celcius.

www.belantaraindonesia.in

Ke puncaknya perlu peralatan panjat dan tali. Medannya berat, juga soal ketinggian dan es. Tak heran hipotermia dan AMSAcute Mountain Sickness alias sakit ketinggian ) menjadi kendala utama dalam ini. Oksigen yang tipis membuat semua pendaki mudah lelah, serta mudah mengalami halusinasi dan pusing kepala.

4. Gunung Raung, Jawa Timur
Ekstrim! Kita perlu peralatan panjat karena medan yang menantang. Tebingnya sangat tipis, selebar 1 kaki saja. Berpasir.

www.belantaraindonesia.in

Gunung Raung menduduki tiga wilayah yakni Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi. Puncaknya berada di ketinggian 3.332 Mdpl, dilengkapi kaldera berbentuk lonjong dengan kedalaman sekitar 500 meter. Puncak gunung ini disebut 'Puncak Sejati'. Untuk mencapainya, ada 2 opsi jalur yakni Kalibaru dan Glenmore.

Butuh 7 - 10 hari untuk mencapai Puncak Sejati lewat jalur Glenmore. Terlepas dari itu, Gunung Raung juga terkenal angker. Hal ini bisa dilihat dari nama - nama posnya, yaitu Pondok Sumur, Pondok Demit, Pondok Mayit dan Pondok Angin.

5. Pegunungan Latimojong, Sulawesi Selatan 
Pegunungan Latimojong punya 7 puncak, yang tertinggi adalah Rante Mario ( 3.680 Mdpl ). Treknya curam, melewati hutan lebat dan kabut pekat. Terkadang Anda harus melewati derasnya sungai hanya dengan berjalan di atas kayu tipis di atasnya.

www.belantaraindonesia.in

Pegunungan Latimojong punya beberapa puncak. Nah, beberapa di antaranya butuh peralatan khusus seperti panjat tebing.

Mencapai puncaknya butuh perjuangan ekstra keras. Pendaki harus berhadapan dengan tebing - tebing ekstrem, dengan kemiringan sampai 70 derajat!

6. Gunung Kerinci, Jambi 
Inilah gunung tertinggi di Sumatera sekaligus tertinggi kedua di Indonesia, 3.805 Mdpl. Gunung yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat ( TNKS ) ini juga tergolong ekstrim untuk didaki, terutama karena cuacanya yang tidak tentu.

www.belantaraindonesia.in

Angin dan hujan membuat pendaki cepat lelah, seluruh tubuh menjadi kaku. Hujan es membuat penyakit Hipotermia sangat mungkin menghampiri.

7. Gunung Leuser, Aceh
Empat jalur yang ada di Gunung Leuser dibuka langsung oleh tim Wanadri ( Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung ). Satu di antara mereka meninggal ketika menyeberangi sungai yang sangat deras. Sepertinya hal itu cukup membuktikan bahwa gunung ini termasuk ekstrim untuk didaki.

www.belantaraindonesia.in

Puncak tertingginya berada di ketinggian 3.404 Mdpl. Untuk mencapai puncaknya, dibutuhkan waktu 9 - 10 hari tergantung cuaca dan kondisi fisik pendaki. Dikali dua jika dihitung perjalanan pulang.

Itulah beberapa gunung ekstrim yang bisa coba Anda daki. Selain itu ada pula Pegunungan Jayawijaya di Papua, Gunung Merapi di Jawa Tengah, Gunung Merapi di dekat Ijen, Jawa Timur, juga Gunung Agung di Bali.

Khusus untuk Gunung Agung, kemiringannya rata - rata 45 derajat atau lebih. Mau ke puncak jalurnya sangat tipis dan penuh bebatuan. Kabut seringkali datang cepat. Angin besar, saat menuju puncak tak jarang orang hilang. Hati - hati dan persiapkan fisik mental sebelum mendaki.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×