Bagaimana Cara Anda Menolak Plastik?

Setiap orang di Indonesia menggunakan 700 kantung plastik per tahun yang akhirnya akan menjadi sampah. Alasannya, siklus penggunaan kantung plastik yang hanya sekali pakai, lalu langsung terlupakan. Indonesia pun menghabiskan sekitar 100 milyar kantung plastik per tahun.

www.belantaraindonesia.org

Untuk membuat kantung plastik dalam jumlah itu diperlukan 12 juta barel minyak bumi per tahun, atau seharga Rp 11 triliun. Bagaimana cara Anda menolak kantung plastik saat belanja?

Kita dengan mudah mendapatkan kantung plastik dari tempat - tempat belanja. Begitu kita mendapatkannya, kita menyimpannya di rumah, berharap akan menggunakannya lagi saat berbelanja. Hanya saja, seringnya kita lupa, sehingga kantung plastik tersebut terus menumpuk. Kemudian, setelah menumpuk banyak, kita membuangnya. 

Meski dibuang, sayangnya, kantung plastik akan tetap berada di tanah selama 1000 tahun sebelum akhirnya menghilang. Dan dalam jangka waktu 1000 tahun tersebut, plastik pun menyebabkan kematian 100 ribu hewan laut dalam setahun serta berpotensi merusak hutan Indonesia!

www.belantaraindonesia.org
Setiap tahun, setiap orang di Indonesia menggunakan 700 tas plastik. Ini artinya setiap hari kita rata - rata menggunakan dua tas plastik sehari. Tumpukan sampah plastik di Indonesia pun mencapai 4000 ton sampah plastik per hari atau setara dengan 16 pesawat Boeing 747.

Cara paling efektif untuk mengurangi dampak kantung plastik pada hutan atau lautan kita adalah dengan mengurangi penggunaannya.

Apakah Anda bersedia membayar ekstra untuk kantung plastik saat berbelanja? Tentu dengan maksud agar mengurangi penggunaannya. Daripada membayar, tentu orang akan lebih memilih untuk membawa tas belanja sendiri.

Kemudian, sekali lagi, bagaimana cara Anda menolak kantung plastik saat belanja? http://carinpicture.com/category/tuning/

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×