5 Cara Mendidik Anak Soleh Dan Cinta Alam

5 cara mendidik anak soleh dan cinta alam berikut ini bisa Anda lakukan agar anak tidak hanya memiliki kepekaan terhadap lingkungan tetapi juga menjadi pribadi yang soleh dan lembut.

Akan membanggakan bukan apabila suatu saat kelak anak Anda juga bisa mengajarkan hal baik tersebut kepada teman dan lingkungannya sendiri.

5 Cara Mendidik Anak Soleh Dan Cinta Alam

1. Menatap Bintang
Di tengah - tengah gemerlap lampu kota, jarang sekali anak - anak bisa melihat bintang - bintang yang berkelipan di tengah malam.

Jika demikian, ajaklah anak - anak untuk bepergian ke luar kota yang masih alami dan ajak mereka untuk melihat keindahan bintang - bintang yang bertaburan di malam hari.

Kebanyakan anak akan merasa tertarik melihat bintang - bintang yang berkelap - kelip di kejauhan. Jangan lupa untuk sisipkan berbagai pengetahuan tentang sang bintang, seperti dari apa mereka diciptakan dan yang terpenting siapakah yang menciptakan mereka.

2. Nikmati Perubahan Cuaca
Tidak ada salahnya untuk sesekali mengajak anak ke luar di kala hujan, untuk membuatnya merasakan bagaimana rasanya ketika butir - butir air hujan menyentuh kulit mereka.

Jangan lupa untuk mengajarkan mereka doa - doa yang berkaitan dengan kejadian alam ini—seperti ketika sedang hujan besar dan bicarakan kebesaran dan kekuasaan Allah yang telah menciptakan fenomena alam yang menakjubkan ini. Seperti yang terdapat dalam ayat Al Qur’an di bawah ini:

Dialah yang memperlihatkan kilat kepadamu, yang menimbulkan ketakutan dan harapan, dan Dia yang menjadikan mendung.” ( Q.S Ar Ra’d: 12 )

3. Melihat Pergerakan Air
Ajak si kecil mengunjugi sungai, air terjun, laut, danau, dan berbagai tempat lainnya yang menjadi sumber air.

Ajak mereka untuk mentadabburi ketenangan, keindahan, dan irama yang ditimbulkan oleh air yang bergerak, sambil menyisipkan betapa hebatnya Allah telah menciptakan itu semua.

Jangan lupa untuk mengajari mereka tentang siklus air dari darat ke langit lalu kembali ke darat kembali, yang berfungsi untuk kemaslahatan umat manusia.

4. Melihat Daun - Daun Yang Jatuh
Tidak ada dedaunan yang jatuh tanpa seizin Allah. Ajarkan kepada anak tentang hal itu agar mereka semakin memahami bahwa semua yang ada di dunia ini bergerak atas izin dari - Nya.

5. Berkemah Di Luar
Tinggal di luar rumah, dikelilingi oleh serangga dan hewan - hewan ciptaan Allah lainnya akan membuat anak Anda merasakan kebesaran alam yang sesungguhnya.  

Memasak, mencuci, dan tidur di ruangan terbuka akan membuat anak Anda berpikir tentang kekuasaan Allah dan segala ciptaan - Nya tanpa adanya gangguan dari teknologi dan segala rutinitas kehidupan yang melelahkan.

Ingatkan mereka pada ayat di bawah ini:
Maka, perhatikanlah bekas - bekas rahmat Allah, bagaimana Allah menghidupkan bumi setelah mati ( kering ). Sungguh, itu berarti Dia pasti ( berkuasa ) menghidupkan yang telah mati. Dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu.

Jangan lupa juga untuk menggunakan kreativitas Anda untuk membangkitkan rasa ingin tahu anak terhadap tanda - tanda kebesaran Allah. Rangsang semua indera mereka agar mereka dapat merasakan kekuasaan Allah dari setiap sendi mereka.

Ingatlah, bahwa ketika anak merasakan hubungan dengan alam, maka segala aspek yang diperlihatkan oleh alam akan mengingatkan mereka pada Allah dan meningkatkan iman mereka kepada Tuhan pencipta alam ini. src  накрытия для бассейнов

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×