Kompres Sabun, Sederhananya Menjaga Lingkungan

Kehidupan kita tak lepas dari sabun untuk mencuci dan membersihkan, karena itu memang fungsi dari sabun. Tetapi dibalik fungsinya untuk membersihkan, sabun juga dapat mencemari lingkungan, hal sederhana adalah ketika kita menggunakan sabun ( terutama sabun cuci ) untuk membersihkan pakaian, sehari saja pakaian lupa kita angkat dari rendamannya sudah baunya minta ampun. Padahal awalnya di rendam berasa wangi aromanya.

www.belantaraindonesia.org

Itu efek buruk dari pengunaan sabun itu sendiri, kalau dilihat dari produksinya tentu ketika menghasilkan sabun maka pabrikan akan mengeluarkan limbah, semakin banyak sabun yang di produksi maka semakin banyak limbah yang di hasilkan.

Limbah ini akan mencemari lingkungan dengan membuat lapisan khusus di atas permukaan air sehingga menumbuhkan eceng gondok yang nantinya sinar Matahari tidak dapat masuk ke air yang paling dalam. Dengan kata lain, kita akan semakin mencemari lingkungan terutama lingkungan Indonesia ini yang sudah tidak sehat lagi. Ada satu hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengurangi penggunaan sabun, yaitu dengan kompres sabun.

www.belantaraindonesia.org

Idenya sederhana, hanya mengurangi penggunaan sabun sehingga kita bisa menjaga lingkungan baik dari sampah limbah maupun sampah yang lain. Hasil akhir kompres sabun adalah seperti di atas, caranya dengan membasahkan sabun dengan waktu yang cukup lama, setelah permukaannya cukup lembab, silahkan di tempelkan kedua sisi sabun tersebut ( hal ini bisa di lakukan pada waktu kita mandi, so tidak ada alasan lagi ). Dengan demikian kita bisa mengurangi penggunaan sabun lama ( yang masih bisa di gunakan ) dengan sabun mandi yang baru.

Namun teknik ini hanya berlaku pada sabun batangan, bukan sabun cair. Memang tidak ada pengaruh langsungnya metode kompres sabun dengan penyelamatan lingkungan kalau di pikir secara logika, paling tidak kita bisa melakukan perbaikan dan penyelamatan lingkungan secara sederhana di mulai dari rumah kita.  src

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×