Pecinta Lingkungan Cilik Turut Selamatkan Bumi

Pecinta Lingkungan Cilik Yang Selamatkan Bumi dan hal tersebut sering kali terabaikan oleh para kaum dewasa. Pada dasarnya jangan remehkan anak - anak dan remaja. Di belahan dunia lain, mereka mampu bergerak dan membuat perubahan dengan mengambil bagian dalam misi menyelamatkan planet kita dari polusi, limbah, dan ancaman pemanasan global.

www.belantaraindonesia.org


Apa yang mereka lakukan?

Tidak tanggung - tanggung. Ada sebagian anak - anak dan remaja yang bergabung ke dalam berbagai organisasi yang menyerukan gaya hidup “Go Green”. Tidak hanya bergabung, mereka juga dididik dan melakukan hal - hal, yang bahkan orang dewasa pun belum tentu mau. Belum tentu mampu melakukannya.

Anda ingin anak - anak Anda, baik yang masih kecil atau yang sudah memasuki usia remaja bergabung ke dalam organisasi tersebut? Organisasi apa saja yang bisa dipertimbangkan sebagai pilihan? Berikut adalah contoh - contoh grup pecinta lingkungan yang anggotanya terdiri dari anak - anak dan remaja.

Top Environmentalist Groups for Kids and Teens
Sangat mudah untuk berkhutbah dan memberitahu anak - anak Anda untuk menyelamatkan lingkungan. Tapi, memahami secara eksplisit kebutuhan mendesak untuk menyelamatkan lingkungan, membutuhkan pendekatan tersendiri, terutama bagi anak - anak dan remaja. Cara terbaik adalah dengan membiarkan mereka melihat dan menganalisa sendiri apa yang terjadi dengan planet kita.

Ada grup - grup dengan fokus seperti itu. Anda dapat mencarinya dan mempelajari program - programnya, sebelum menawarkannya pada anak Anda. Konsep organisasi ini adalah membuka remaja dan anak - anak dengan cara yang menyenangkan, dirancang khusus untuk rentang usia.

Earth Force
Tujuan kelompok ini adalah untuk mendorong anak - anak untuk secara aktif memperbaiki lingkungan terdekat untuk masa sekarang dan masa depan. Program “Earth Force After School” menjadi paling populer di dalam grup ini karena menyediakan metode bagi remaja untuk berpartisipasi dalam kegiatan di luar sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan.

Tunza
Tunza adalah unit pemuda dari United Nations Environment Programme. Tunza mengadakan beraneka acara setiap tahun dengan bertujuan untuk mengajar, memberdayakan anak - anak untuk melestarikan dan memperbaiki lingkungan saat ini.

Salah satu kegiatan yang paling popular dari kelompok ini adalah “International Children’s Conference”, yang mengumpulkan pemuda dari seluruh dunia dan memberikan mereka sebuah platform untuk mempresentasikan ide - ide mereka untuk proyek - proyek lingkungan dan meningkatkan keterlibatan untuk lingkungan setempat yang lebih sehat. Konferensi ini terbuka untuk anak - anak usia 10 sampai 14 tahun. Pada tahun 2010, konferensi ini diadakan di Nagoya, Jepang dan menyambut sekitar 300 peserta dari seluruh dunia.

Student Environmental Action Coalition
SEAC memiliki jaringan yang dijalankan oleh pemuda dan mahasiswa, di mana keduanya bersenyawa dan bersinergi untuk mewujudkan keadilan dalam memperlakukan lingkungan. Banyak program dan acara yang SEAC lakukan. Contohnya di tahun 2011, SEAC menggelar event “Build Connections”, sebuah  acara musim panas terbuka untuk semua anggota SEAC yang ingin “bersepeda untuk perubahan”.

Ada dua cara untuk bergabung SEAC. Anda dapat membentuk kelompok sendiri di daerah Anda dan berafiliasi sebagai cabang dari SEAC pusat. Atau Anda dapat bergabung dengan grup SEAC yang ada.

Apapun kelompok, grup, atau organisasi lingkungan yang diikuti anak Anda, Anda patut berbahagia karena telah mengambil langkah pertama menuju jalan yang baik. Jalan yang akan membantu untuk melestarikan Bumi untuk generasi mendatang!  src

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×