Fenomena Api Biru Langka Di Kawah Ijen

Kawah Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur, adalah perwujudan kombinasi unik dari wisata petualangan dan fenomena alam yang unik. Bayangkan, di kawah ini Anda dapat melihat fenomena api biru yang langka. Kawah Ijen terletak di puncak Gunung Ijen merupakan rentetan gunung berapi di Jawa Timur, seperti Bromo, Semeru, dan Merapi.

www.belantaraindonesia.org
Fenomena Blue Fire di Kawah Ijen di Banyuwangi ( Foto: twicsy )
Gunung Ijen berada di kawasan Wisata Kawah Ijen dan Cagar Alam Taman Wisata Ijen, tepatnya di Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Klobang Kabupaten Bondowoso.

Kawah Ijen merupakan salah satu kawah paling asam terbesar di dunia. Derajat keasaman kawah ini memiliki tingkat keasaman yang sangat tinggi, yaitu mendekati nol, sehingga bisa melarutkan pakaian bahkan tubuh manusia dengan cepat. Selain itu, suhu kawah yang mencapai 200 derajat celcius menambah takjub kawah yang sangat besar ini. Kawah Ijen yang mempunyai warna biru dan hijau keemasan bila terkena sinar Matahari.

Untuk mencapai Kawah Ijen, Anda harus trekking terlebih dahulu, melewati jalan tanah menanjak dengan ketinggian dua ribu empat ratus meter di atas permukaan laut akan Anda lalui dengan berjalan kaki. Untuk menuju ke kawah ijen, perjalanan akan melintasi keindahan hutan lindung.

Di sepanjang perjalanan menuju ke Kawah Ijen, terlihat para pekerja tambang belerang dalam kendaraan truk pengangkut menuju ke kawah ijen, perjalanan sangat menantang dantentunya menguras tenaga. 

Setibanya di kawasan Paltuding maka ini adalah titik awal menuju ke Kawah Ijen dimana Anda harus berjalan mendaki sekitar 1,5 jam. Paltuding adalah lokasi kaki gunung dengan ketinggian sekitar 1.800 mdpl, jadi pastikan Anda membawa baju hangat yang mencukupi. src

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×