Rinjani Yang Agung

Rinjani, gunung yang berada di wilayah Lombok Nusa Tenggara Barat menurut legenda Suku Sasak adalah gunung kediaman Dewi Anjani, seorang putri dari Dewa tertinggi. Dewi Anjani dipercaya selalu bersemayam di sekitar danau Segara Anak dengan rupa seorang Dewi yang mengendarai kuda.

Rinjani Yang Agung

Secara astronomis Gunung Rinjani terletak pada 8º- 25ºLS dan 116º- 26ºBT dan masuk dalam pangkuan wilayah Kabupaten Lombok Barat, Lombok Timur dan Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Nama Rinjani yang berarti Yang Agung ini pada tanggal 6 Mei 1990 dinyatakan sebagai Taman Nasional Gunung Rinjani. Taman ini luasnya 41.330 ha dengan ketinggian 300 - 3.726 Mdpl.  

Gunung Rinjani sendiri mempunyai luas hutan 125.000 ha dengan 51.500 ha sebagai hutan lindung, 9.935 ha sebagai hutan produksi terbatas, 22.975 ha sebagai hutan produksi biasa serta 41.300 ha sebagai taman nasional dan suaka margasatwa.

Taman Nasional Gunung Rinjani merupakan kawasan pegunungan tinggi dengan beberapa puncak gunung yang masih aktif yang memanjang dari timur ke barat sepanjang 65 km. Khusus Gunung Rinjani, gunung api tipe strato ini adalah yang paling sering didaki.

Gunung Rinjani dapat ditempuh dari 6 jalur pendakian yaitu Sembalun Lawang ( arah timur ), Senaru ( arah utara ), Torean ( arah timur laut ), Sajang ( arah timur laut ), Kumbi / Sesaut ( arah barat daya ) dan Santong ( arah utara ).

Puncak Rinjani terletak pada ketinggian 3.726 Mdpl. Daerah ini sangat terjal dan sempit. Di puncak pendaki dapat menyaksikan indahnya panorama kawah yang dasarnya mengandung fumarol.

Menurut catatan, terjadi aktifitas kawah Rinjani sampai pada stadium fumarola yang paling dahsyat pada tahun 1846.

Hingga kini aktifitas tersebut berpindah ke Gunung Barujari dan Gunung Mas yang berada di tengah Danau Segara Anak.

Di puncak ini pula dapat ditemui flora Edelweiss Rinjani ( Anaphalis viscida ) yang berbentuk rumput dan tumbuh pada bagian bibir kawah.

Jika cuaca cerah, pendaki dapat menyaksikan bentang alam Pulau Lombok beserta selatnya, Danau Segara Anak yang indah, serta Pulau Sumbawa dan Bali secara utuh. Sungguh indah!

Jalur Pendakian:
♥ Jalur Timur:
[ Mataram – Aikmel ] – Sembalun Lawang – Pos Pemantauan – Pos Tengingian – Pos Padabalong – Plawangan Sembalun – Puncak Rinjani.

♥ Jalur Utara:
[ Mataram – Anyar ] – Senaru – Pos I – Pos II – Pos III – Plawangan Senaru – Danau Segara Anak – Plawangan Sembalun – Puncak Rinjani.

♥ Jalur Timur Laut:
[ Mataram – Bayan ] – Torean – Pos I – Kokok Putih – Segara Anak – Plawangan Sembalun – Puncak Rinjani.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×