Hantu Cantik Di Ranu Kumbolo

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di tanah Jawa terletak di propinsi Jawa Timur. Gunung Semeru berdiri bersanding dengan Gunung Bromo dan Gunung Arjuno meski tak sedekat seperti Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro maupun Gunung Merapi dan Gunung Merbabu di Jawa Tengah.

Hantu Cantik Di Ranu Kumbolo

Mahameru adalah sebutan untuk Puncak Semeru. Gunung berketinggian 3676 meter di atas permukaan laut ini memiliki banyak kisah yang mampu menarik perhatian para pendaki.

Sosok Soe Hok Gie, tokoh tahun 70 – an pun memiliki hubungan dengan Gunung Semeru. Di tempat inilah, Gie harus menghembuskan nafas yang terakhirnya.

Untuk naik ke gunung ini, salah satu jalur yang banyak ditempuh adalah melalui kota Malang. Dari kota Apel ini, pendakian ke Gunung Semeru berawal dari sebuah daerah bernama Ranu Pani.

Di Ranu Pani ini, banyak pendaki mulai menentukan waktu untuk mengawali pendakian.

Dari Ranu Pani, perjalanan setengah hari menuju daerah bernama Ranu Kumbolo. Di lokasi ini, terdapat danau sehingga di tempat ini para pendaki sering menghabiskan malam untuk beristrirahat dan menikmati keindahan danau di atas ketinggian.

Yang menarik adalah pengakuan para pendaki gunung yang melihat sesuatu yang aneh di malam hari. Mereka mengaku melihat cahaya berwarna oranye di tengah Danau Ranu Kumbolo yang berubah wujud menjadi sesosok hantu wanita cantik.

Selain itu di danau tersebut juga terdapat banyak ikan mas yang tidak diketahui asal muasalnya, tiba – tiba saja ada. Diyakini ikan – ikan tersebut adalah jelmaan dari hantu wanita cantik serta para dayang – dayangnya.

Haram hukumnya bagi warga sekitar Semeru maupun para pendaki untuk memancing ikan mas di sana. Percaya atau tidak, yang jelas cerita berbau mistis itu masih hidup hingga kini di tengah kecantikan Semeru.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×