Tips Berkunjung Ke Karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa terkenal cantik, tetap ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal sebelum memutuskan berkunjung ke Karimunjawa. Akomodasi, pemahaman cuaca yang terbaik, sampai informasi seputar ketersediaan listrik perlu diketahui sebelum berkunjung. Berikut tips berkunjung ke Karimunjawa yang bisa berguna bagi Anda.

www.belantaraindonesia.org

Ketahui Bulan Terbaik
Saat berkunjung ke pulau, waktu terbaik adalah waktu di mana angin tidak berhembus kencang. Di Kepulauan Karimunjawa, waktu terbaik untuk berlibur adalah Mei dan Agustus.

Mengapa? Pada kedua bulan tersebut, angin tidak terlalu kencang. Ombak pun tidak tinggi. Cuaca tersebut akan memudahkan pelayaran dari Jepara ke Karimunjawa. Begitu juga dengan aktivitas snorkeling dan island hopping di pulau.

Tentukan Pulau Tujuan
Di Karimunjawa terdapat banyak pulau yang dapat dituju. Usahakan Anda mencari info terlebih dahulu, agar tidak bingung mau ke pulau mana. Khususnya apabila Anda traveling sendiri, tidak melalui operator tur setempat.

Nelayan sekitar dapat menawarkan sewa kapal, beserta saran pulau mana yang dapat dituju. Ada Pulau Menjangan Besar, Cemara Besar, Merica, sampai Gosong. Setiap pulau pun memiliki karakteristik masing - masing.

Perhatikan Langkah Kaki
Sebagai traveler yang baik, tentu Anda tahu kalau menginjak terumbu karang sebaiknya tidak dilakukan. Selain waktu tumbuh terumbu karang yang lama, menginjak terumbu karang juga dapat melukai kaki kita.

www.belantaraindonesia.org

Beberapa terumbu karang bahkan ada yang beracun. Belum lagi sejumlah biota laut seperti ubur - ubur dan bulu babi yang beracun. Intinya, perhatikan sekitar dan jangan sembarangan menginjak sesuatu.

Perhatikan Jam Aktif Listrik
Pada era elektronik sepeti sekarang, ketersediaan listrik bahkan tidak kalah penting dengan sinar Matahari. Tidak perlu khawatir, sudah tersedia listrik di Karimunjawa. Tapi ada jam tertentu, di mana listrik baru aktif.

Listrik di Karimunjawa mulai aktif dari pukul 18.00 hingga 06.00 WIB pagi. Manfaatkanlah waktu tersebut untuk mengisi semua peralatan elektronik Anda, khususnya handphone dan kamera.

Tersedia Banyak Agen Wisata
Karimunjawa ramai didatangi, tentu saja ada banyak agen wisata yang menawarkan paket ke Karimunjawa. Jika Anda tidak mau repot, pilih saja satu dari sekian travel agent yang memiliki paket dengan harga bersaing.

Pastikan Anda menyimak setiap detil paket yang ditawarkan, sesuai dengan harga dan penjelasan yang tertera. Selamat berlibur ke Karimunjawa. Semoga tipsnya berguna!  src

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×