Hanya 54 Detik Puncak Gunung Tergapai!

Para pendaki gunung tentu tahu bahwa mendaki gunung dan meraih puncak memerlukan waktu dan tenaga yang lebih dari cukup, karena menggapai puncak tertinggi itu tidak mudah. Dibutuhkan keuletan dan kesabaran untuk melawan rasa lelah, jalur yang terjal dan oksigen yang semakin menipis demi menyaksikan pemandangan tiada dua, Matahari terbit!

www.belantaraindonesia.org

Tidak jarang, pendakian membutuhkan waktu berjam - jam bahkan hitungan hari. Oleh karena itu, hanya segelintir orang yang bisa berkata selamat pada diri sendiri setelah mencapai puncak tertinggi.

Mengerti bahwa tidak semua pengunjung punya kemampuan mendaki, pemerintah Tiongkok membangun lift super yang bisa ‘menerbangkan’ pengunjung ke puncak gunung hanya dalam waktu kurang dari satu menit.

Bukan lift biasa pula, lift yang dibangun di Taman Nasional Tiantangzhai, Tiongkok tengah itu, sengaja dibuat transparan menggunakan kaca.


Lift tersebut dibangun di sisi tebing setinggi 3543 kaki atau setara 1080 meter di atas permukaan laut. Lift itu juga merupakan salah satu yang tercepat di dunia.

Dengan kecepatan rata - rata 2,5 meter per detik, lift setinggi 145 meter dapat membawa para wisatawan ke puncak gunung hanya dalam 54 detik!

www.belantaraindonesia.org

Lift kaca itu dapat menampung 18 orang dan bisa mengangkut hingga 3.000 pengunjung per hari.

Tiantangzhai telah menjadi situs wisata yang terkenal selama beberapa dekade. Adanya lift ini dipastikan bisa menambah jumlah turis, terlebih lift itu memungkinkan pengunjung untuk melihat 25 gunung di taman nasional dan menyatu dengan pemandangan sekitarnya yang mengesankan.

Kendati tidak semua orang setuju dengan kehadiran lift tersebut, tapi kebanyakan pengunjung sepakat lift transparan itu memungkinkan mereka menyaksikan pemandangan alam nan spektakuler dengan mudah.

People’s Daily Online melaporkan pembuatan lift tersebut menghabiskan dana sekitar 20 juta Yuan atau Rp 45 miliar dan sudah beroperasi mulai 1 September 2015 lalu.  Viva

 

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×