Menjelajahi Gunung Galunggung

Gunung Galunggung berada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat dan Desa Cisayong merupakan lokasi pemberhentian awal sebelum melanjutkan perjalanan menuju Gunung Galunggung.

Dari desa ini hanya membutuhkan waktu 45 menit lewat perjalanan darat untuk menuju kawasan Galunggung.

Menjelajahi Gunung Galunggung

Sepanjangan perjalanan hamparan sawah petani menjadi teman setia, beberapa kali juga terlihat gundukan pasir. Selain bertani, warga Desa Cisayong sebagian besar berprofesi sebagai penambang pasir gunung.

Untuk bisa menjamahi Gunung Galunggung tidak perlu direpotkan dengan track yang becek, terjal, berliku, dan licin.

Pasalnya objek wisata ini sudah dilengkapi dengan tangga. Namun tetap dibutuhkan kehati - hatian dan stamina yang prima, mengingat tangga yang akan dilalui sangat panjang dengan total 620 anak tangga.

Hamparan pemandangan indah kawah Gunung Galunggung yang di dominasi warha hijau menjadi obat bagi rasa lelah setelah menaiki anak tangga yang panjang.

Semilir angin datang menyejukkan suasana, dan sejauh mata memandang yang terlihat adalah dinding - dinding gunung yang indah.

Menurut catatan, puncak Gunung Galunggung berada pada ketinggian 2.167 M dpl. Sepanjang riwayatnya, gunung ini pernah mengalami erupsi dahsyat pada 1982.

Menjelajahi Gunung Galunggung

Kawah Gunung Galunggung menjadi spot favorit bagi para pecinta alam untuk berkemah. Di tempat ini juga dibangun Mushola, yang  diperuntukkan khusus bagi mereka yang mendambakan tempat berdoa yang hening, sejuk, dan berdampingan dengan alam.

Selain itu, Gunung Galunggung juga menjadi tempat bagi mereka yang gemar olahraga Paralayang. Bahkan diantaranya adalah atlet Paralayang profesional yang sengaja datang dari luar Tasikmalaya.

Menjelajahi gunung Galunggung merupakan liburan akhir pekan yang sangat menyenangkan. Namun demikian diperlukan persiapan khusus untuk bisa beraktivitas di alam raya, baik persiapan fisik maupun mental, agar fit dan tetap menjaga kebersihan alam dengan tidak membuang sampah sembarangan.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×