Sunset Cantik Di Gumuk Pasir Parangkusumo

Bila ada waktu luang untuk berwisata di Yogyakarta, cobalah luangkan pula waktu untuk datang ke sisi selatan Yogyakarta. Aneka kegiatan wisata dapat Anda lakukan. Mulai dari bermain sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo, menikmati suasana syahdu di Parangtritis, hingga menikmati cantiknya sunset di pinggir pantai.

www.belantaraindonesia.org

Salah satu tempat yang menawarkan pemandangan sunset atau Matahari terbenam adalah Gumuk Pasir Parangkusumo, Bantul, Yogyakarta. Sambil menunggu terbenamnya Matahari, kegiatan sandboarding terus menggeliat di Gumuk Pasir Parangkusumo. Biasanya, atraksi wisata sandboarding dilakukan saat pagi hari atau menjelang senja sekaligus menanti Matahari tenggelam.

Saat - saat rona Matahari mulai tenggelam. Gradasi warna langit perlahan berubah dari biru menjadi kemerahan. Padang pasir yang menghampar luas berubah menjadi siluet hitam di layar kamera. Beberapa orang hanya terlihat menjadi bayangan hitam. Wisatawan lain juga turut mengabadikan momen - momen yang selalu ditunggu para pemburu senja. Jangan lupa, atur fitur kamera untuk berfungsi membuat foto siluet.

Dari puncak gumuk pasir, memandang ke arah selatan, wisatawan dapat melihat bentang alam berupa gumuk pasir, jalan desa, pemukiman penduduk, dan juga Pantai Parangkusumo di kejauhan. Pohon - pohon kelapa juga terlihat tumbuh di sepanjang garis pantai.

Momen Matahari terbenam adalah satu bonus ketika mengunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo.

www.belantaraindonesia.org

Kunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo pada pukul 17.00 WIB untuk menikmati sunset cantiknya. Sebelum Matahari turun, sempatkan mencari sudut pandang terbaik untuk mendokumentasikan peristiwa. Selain itu, musim terbaik untuk datang adalah pada musim kemarau ketika langit bersih dari awan - awan mendung.

Bagi para pecinta fotografi, pastikan baterai kamera telah terisi agar tak kehilangan momen. Selain itu, lindungi kamera dari pasir yang tertiup angin ketika sedang mendokumentasikan momen Matahari tenggelamTips lain adalah setelah memotret, segera bersihkan kamera dari pasir - pasir yang menempel dengan menggunakan kuas.

Gumuk pasir Parangkusumo terletak sekitar 40 kilometer dari Malioboro Yogyakarta. Jika membawa motor atau mobil, wisatawan dapat memarkir di tempat yang disediakan di pinggir Gumuk Pasir Parangkusumo. Untuk masuk ke area Gumuk Pasir Parangkusumo tidak dikenakan biaya tiket. Di area gumuk pasir dekat tempat parkir, terdapat satu tempat sampah yang dapat digunakan untuk membuang sampah.

www.belantaraindonesia.org

Setelah atau sebelum menikmati Matahari tenggelam terasa lapar, terdapat kedai makan dan minum yang terletak di dekat area gumuk pasir. Wisatawan dapat memesan minuman ringan dan juga makanan ringan. Harga yang ditawarkan terbilang terjangkau mulai dari Rp3.000. Wisatawan juga dapat beristirahat sambil duduk di tempat yang telah disediakan oleh pihak pengelola kedai.  NGI
 

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×