10 Tempat Berenang Di Alam Bebas

Kamu suka berenang? Ya, tentu pilihan itu akan kamu wujudkan di sebuah kolam renang. Tetapi bagaimana jika kolam renang itu berada di alam bebas? Penuh sensasi dan menyenangkan tentunya. Bila ingin kalian wujudkan, berikut ini 10 tempat berenang di alam bebas yang ada di Indonesia.

1. Blue Lagoon, Yogyakarta

10 Tempat Berenang Di Alam Babas

Kolam renang alami ini terletak di Dalem Widodomartani Ngemplak, Sleman. Kolam ini telah menjadi obyek wisata yang diyakini masyarakat setempat dapat menghilangkan lelah dan stres. Airnya yang segar memang memberi efek tersendiri. Airnya biru dengan pantulan sinar Matahari.

2. Laguna Gayau, Teluk Kiluan Lampung
Dengan airnya yang berwarna biru kehijauan, Laguna Gayau ini merupakan bagian kolam yang terbentuk karena terpisah oleh batu karang. Saking jernihnya, kita dapat langsung melihat dasar air dengan jelas.

Laguna Gayau, Teluk Kiluan Lampung

Kedalamannya sekitar 1 - 3 meter sehingga aman untuk berenang. Sesekali hempasan ombak akan menerjang sisi batu karang, sehingga kita akan menerima curahan air, dan tentu saja membuat sensasi berenang makin seru.

3. Aek Manik, Sidamanik Sumatera Utara
Aek Manik ini berbentuk menyerupai kolam yang beratapkan kanopi yang terbentuk dari dedaunan. Matahari yang menyusup melalui dedaunan, sehingga pemandangan alami menyegarkan dapat kita rasakan.

Aek Manik, Sidamanik Sumatera Utara

Konon, kolam yang sangat jernih ini dulunya adalah pemandian raja - raja Sidamanik. Airnya juga selalu jernih karena mata air tidak berhenti mengalir.

4. Kedung Tumpang, Tulung Agung
Kolam yang sangat eksotis karena terbentuk di tengah gugusan karang di sisi Pantai Blabak dan Pantai Glogok.

Kedung Tumpang, Tulung Agung

Tanpa pasir, air yang terbentuk dalam kolam - kolam alami ini memang sangat menggoda. Sebelum berenang kita harus memperhatikan kondisi air laut, disarankan untuk berenang di saat laut sedang surut, agar terhindar dari arus ombak.

5. Angel’s Billabong, Bali

Angel’s Billabong, Bali

Daerah ini termasuk belum ramai dikunjungi oleh wisatawan, tapi soal keindahannya, jangan tanya. Angel Billabong terbentuk di antara karang - karang coklat keemasan dengan airnya yang biru namun jernih. Uniknya, kolam ini sebenarnya terbentuk dari cliff yang rusak.

6. Pantai Wediombo, Yogyakarta
Memang Yogyakarta adalah daerah istimewa. Karena daerah ini menyimpan banyak keindahan alam yang membuat kita terpesona. Salah satunya adalah keunikan dari Pantai Wediombo adalah kolam renang yang terbentuk di  antara batu karang besar di pinggir pantai.

Pantai Wediombo, Yogyakarta

Tepatnya, kolam ini terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Selain berenang, kita juga bisa memancing dari atas batu karang besar yang tersebar di sekitaran pinggir pantai.

7. Kolam Gua Kristal, Kupang
Tidak kalah indah, kolam renang ini terbentuk di dalam gua. Warna airnya biru jernih kontras dengan dinding gua yang berwarna cokelat.  Kolam ini terletak di daerah Bolok, sekitar 20 km dari Kupang.

Kolam Gua Kristal, Kupang

Karena terletak di dalam gua, sebaiknya kita mempersiapkan diri dengan peralatan penerangan dan keamanan. Untuk menyaksikan keindahan airnya yang biru dan jernih disarankan untuk mengunjungi tempat ini di saat Matahari masih bersinar cerah.

8. Kolam Gua Haji Mangku, Derawan
Bisa dibilang, Kepulauan Derawan saat ini jadi favorit para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Hampir setiap pulau kaya akan biota laut. Ada satu lagi yang menarik di Derawan, yaitu kolam air yang terletak di dalam Gua Haji Mangku.

Kolam Gua Haji Mangku, Derawan

Kolam alami dengan air payau ini berwarna biru toska yang memesona mata. Letaknya di Desa Payung - Payung, Berau, Kepulauan Derawan.

9. Kolam Gua Keramat, Raja Ampat

Kolam Gua Keramat, Raja Ampat

Kolam renang dalam gua ini terletak di Pulau Misool. Untuk menempuhnya kita dapat menggunakan kapal Ferry dari pelabuhan di Sorong. Keindahan dari kolam yang terletak di gua ini adalah pemandangan indah stalagtit dan stalagmitnya. Untuk keamanan dan kenyamanan berenang di sini, amat disarankan untuk menggunakan pelampung.

10. Lewi Heujo, Bogor
Ada kolam renang alami yang tak jauh dari ibu kota, namanya Lewi Heujo atau Curug Hejo yang terletak di Babakan Malang, Bogor.

Lewi Heujo, Bogor

Kolam alami terbentuk dari air terjun mini yang berwarna biru kehijauan. Airnya juga sangat dingin menusuk tulang, tapi cukup membayar kelelahan perjalanan untuk menuju tempat ini. Bagi warga sekitar sering disebut Curug Bengkoksource

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×