Nuansa Ranu Kumbolo Di Jawa Tengah

Ranu Kumbolo, danau cantik yang pada tepinya biasanya digunakan para pendaki gunung untuk beristirahat mendirikan tenda ini memang satu dari sekian banyak pesona Gunung Semeru yang sangat menggoda. Tetapi ternyata pesona Ranu Kumbolo tak hanya bisa dinikmati di satu tempat. Di Jawa Tengah pun bisa!

Nuansa Ranu Kumbolo Di Jawa Tengah

Berada di desa Mojotengah, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang, Dringo jadi Ranu Kumbolonya Jawa Tengah. Dinamakan demikian karena di sekeliling telaga ini terdapat Dringo yang tumbuh tanpa ditanam oleh manusia. Telaga yang terbentuk karena letusan yang terjadi pada 1786 ini berada sejalur dengan kawah Candradimuka.

Berada di salah satu puncak Dieng, telaga ini tentu suguhkan nuansa pegunungan dengan angin dingin nan sejuk yang bisa dinikmati hampir sepanjang hari. Ketika berdiri di salah satu puncak yang mengukung telaga ini, cekungan bekas kawah yang sekarang sudah terisi air telaga akan kamu lihat dengan gamblang.

Demi mencapai Dringo, jalur yang dilalui memang terbilang sulit. Keadaan jalan yang masih jauh dari kata mulus membuat perjalanan ke Dringo kian menantang.

Nuansa Ranu Kumbolo Di Jawa Tengah

Karenanya, telaga ini masih masuk dalam kategori tempat yang jarang dikunjungi oleh para pelancong, bahkan bagi mereka yang sudah berada di Dieng sekalipun.

Tak hanya berkunjung kemudian pulang. Kamu juga bisa berkemah tepat di tepi danau. Menikmati malam dengan hamparan titik kecil di pekat malam yang seakan jadi selimut ketika terlelap. Berteman suara alam dan dingin pegunungan yang memaksa masuk hingga ke tulang, kamu bisa nikmati nuansa Ranu Kumbolo di Jawa Tengah.  src

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×