Jalur Pendakian Sejati Gunung Sumbing

Pendakian Gunung Sumbing melalui Desa Butuh, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah merupakan jalur tertua dan pertama kali ada. Selama ini, jalur tersebut sengaja tak diberi petunjuk jalan menuju puncak Sumbing dengan alasan agar tetap alami.

Jalur Pendakian Sejati Gunung Sumbing

Namun seiring semakin banyaknya pendaki, warga setempat tergerak hatinya untuk memasang rambu petunjuk pendakian sampai puncak.

Tepatnya pada 1 Januari 2016 lalu dilakukan launching peta dan pemasangan tanda penunjuk jalan menuju puncak Sumbing melalui sisi selatan gunung, dalam hal ini melalui Desa Butuh, Kecamatan Kaliangkrik., Kabupaten Magelang.

Disebutkan, sisi utara sampai timur gunung merupakan wilayah Kabupaten Temanggung, sisi barat gunung adalah wilayah Wonosobo, dan selatan gunung adalah wilayah Kabupaten Magelang.

Sejak awal tahun 2016 ini rute pendakian melalui dusun tertinggi wilayah Desa Butuh itu diberi nama Jalur Sejati Pendakian Sumbing atau Jalur Pendakian Sejati Gunung Sumbing. Nama tersebut diambil dari sejarah bahwa jalur tersebut merupakan yang pertama ada. Disebut sejati karena asli dan tetap alami tanpa dibuat - buat.

Jalur Pendakian Sejati Gunung Sumbing

Dari Desa Butuh menuju puncak gunung memakan waktu berjalan kaki lima sampai tujuh jam. Bagi penduduk lokal berjalan kaki empat jam sudah bisa sampai atas.

Pada jalur pendakian melalui Desa Butuh itu kini dibuat 5 pos. Selain itu ada sekitar 10 papan penunjuk jalan sampai atas. Pihak pengelola menyediakan tenaga Guide sekaligus porter.

Selama ini pendakian yang ramai terutama pada malam tanggal 1 Muharam, malam Tahun Baru, malam 17 Agustus, dan tanggal 21 bulan puasa.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×