Tips Mendaki Gunung Everest

Mendaki Gunung Everest, gunung tertinggi di Bumi adalah impian pendaki. Kamu ingin mendakinya? Bulan Maret hingga  Mei adalah waktu yang tepat untuk mulai mendaki atau sekedar kamu berpetualang ke pegunungan Himalaya.

Tips Mendaki Gunung Everest

Banyak agen travel atau operator pendakian yang menawarkan kesempatan mendaki Gunung Everest atau tour ke Himalaya. Tetapi sebelumnya kamu harus tahu tips mendaki Gunung Everest berikut ini.

Jauhi Alkohol, Nikotin, dan Kafein 
Paling tidak satu bulan atau secepat - cepatnya dua minggu sebelum pendakian. Karena tiga zat tersebut sangat berpengaruh terhadap daya pacu jantung. Terutama di keadaan ekstrem, di atas ketinggian dan suhu yang tidak biasa.

Bawa Jaket
Minimal membawa jaket yang tebal dari bulu angsa. Terutama di musim dingin, yaitu antara bulan Oktober sampai Desember. Suhu di sana akan sangat ekstrem, dari -5 derajat sampai 45 derajat, di ketinggan 5.000 meter di atas permukaan laut.

Bawa Power Bank atau Batere Cadangan
Dan bawa yang banyak, terutama untuk semua alat pendokumentasian. Karena perjalanan ini merupakan langka, menggunakan dana yang tidak sedikit, bahkan mungkin satu kali seumur hidupmu. Oleh karena itu harus diabadikan.

Namun, jangan khawatir masalah sinyal, Nepal merupakan negara yang maju dari segi telekomunikasi, hingga ketinggian sampai 4.000 Mdpl lebih, kamu masih bisa mengirim pesan.

Sesuaikan Fisik
Seperti biasa setiap kamu akan berpindah ke tempat yang berbeda, perlu penyesuaian fisik. Salah satu persiapannya yakni dengan jogging rutin setiap hari selama seminggu hingga dua minggu sebelumnya. Namun, jika tidak bisa rutin, baiknya selama satu bulan lebih sebelum pendakian.

Asuransi Travel Internasional
Memiliki asuransi travel internasional, yang bisa membiayai evakuasi menggunakan helikopter. Di Indonesia sudah masuk beberapa asuransi internasional yang menyediakan paket travel. Karena evakuasi di ketinggian 3.000 Mdpl ke atas harus menggunakan helikopter.

Persiapan Matang
Perjalanan yang baik di Himalaya ialah persiapan yang semakin lama, atau tidak terburu - buru. Jika lelah di perjalanan wajib untuk berhenti, dan beristirahat sebentar. Karena selain untuk beristirahat, tubuh kita akan banyak butuh penyesuaian dengan iklim sekitar.

Oleh karena itu, banyak spot yang mengharuskan kamu untuk menginap. Namun, jangan pernah berpikiran untuk pulang atau kembali selagi mampu, karena kita tidak akan pernah tahu keindahan apa yang ada di depan. src
 

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×