Pendakian Fenomenal Di Gunung Rinjani

Bicara tentang Gunung Rinjani, berarti bicara tentang sebuah gunung impian para pendaki gunung di mana saja. Gunung yang terletak di Lombok NTB ini di mitoskan sebagai kediaman Dewi Anjani yang juga  memiliki reputasi istimewa dan fenomenal di mata Anak Gunung. Mengapa?

Penasaran? Ini dia alasan kenapa mendaki Rinjani sering disebut pengalaman mendaki yang fenomenal.

Pendakian Fenomenal Di Gunung Rinjani

Puncak Tertinggi Kedua Di Indonesia
Gunung Rinjani berada di peringkat dua gunung api tertinggi di Indonesia, setelah Gunung Kerinci. Puncak setinggi 3.726 Mdpl tersebut berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Para pendaki kebanyakan mengincar Gunung Rinjani karena panorama selama pendakian yang luar biasa indah, bahkan sejak kamu berada di kaki bukit.

Selain itu, pendakian Rinjani selama 3 hari 2 malam juga relatif ramah untuk para pendaki newbieDengan catatan, punya persiapan fisik, mental, dan logistik yang memadai.

Tak Hanya Sekedar Mendaki Gunung
Mendaki Rinjani tidak berarti hanya berjalan menanjak berkilo - kilometer menuju puncak. Sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhkan pemandangan savana yang indah, berikut perbukitan hijau sejauh mata memandang.

Danau Segara Anak yang terletak di ketinggian 2.000 Mdpl juga akan membuat kamu takjub dengan warnanya yang sebiru laut.

Setelah melewati Danau Segara Anak, ada petunjuk jalan menuju Gua Susu. Di gua air panas ini, kamu bisa berendam dan sauna alami yang tentunya menyehatkan dan menghilangkan lelah setelah mendaki.

Bertemu Flora Fauna Endemik
Di jalur pendakian Gunung Rinjani, kamu dapat menemui flora endemik Nusa Tenggara, seperti Vernonia albiflora, Vernonia tengwalii  dan beberapa jenis anggrek diantaranya Peristylus rintjaniensis dan Peristylus lombokensis

Pendakian Fenomenal Di Gunung Rinjani

Dari segi fauna, kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani adalah habitat kera abu - abu, babi hutan, musang Rinjani, trenggiling, rusa Timor, dan landak.

Bagi kamu yang suka bird-watching, beberapa jenis burung yang dapat kamu temui di sana antara lain, Punglor Kepala Hitan, Koakiau, Kakatua Jambul Kuning, Perkici Dada Merah, Punglor Kepala Merah, dan lain - lain.

Menyadari Kebesaran Tuhan
Ketika sampai di puncak, pastikan kamu mendapatkan pemandangan Matahari terbit. Seiring Matahari meninggi, kamu juga dapat melihat Danau Segara Anak, Gunung Barujari, lanskap Lombok, bahkan Gunung Agung di Bali.

Pemandangan tersebut merupakan suguhan spiritual yang membuat para pendaki menyadari kebesaran Tuhan.

Pendakian Fenomenal Di Gunung Rinjani

Kalau kamu pendaki pemula, ada baiknya mulai dengan Gunung Gede Pangrango, di Jawa Barat atau Gunung Andong di Jawa Tengah.

Selanjutnya, tingkatkan level kamu sebagai hiker dengan menggapai Puncak Mahameru yang merupakan puncak tertinggi di Pulau Jawa.

Kalau merasa sudah lebih mampu, “hadiah”-kan dirimu dengan pendakian fenomenal ke rumah Dewi Anjani.  src

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×