Branding Di Segara Anak Rinjani

Branding terbuat dari plang besi berada di Segara Anak Rinjani. Setelah diamati dan dilacak, ternyata  plang besi Danau Segara Anak Lake di tepi danau itu tampak nyata dan menyebalkan. Sontak saja, para penggiat lingkungan dan pecinta alam terkejut.

Branding Di Segara Anak Rinjani

‘’Sedih sekali liat pemandangan indah Rinjani terganggu dengan adanya papan nama lokasi seperti ini. Kan gak semua tempat mesti dipasangin tulisan macem gini. Sangat merusak pemandangan dan keindahan Gunung Rinjani kita,’’ kata Cindy Pricilia dalam akun FB - nya.

Postingan itu pun membuat Ramli Bin Ilmar melontarkan kritik pedas. Ramli yang tercatat sebagai salah satu pengurus Rinjani National Geopark ini menilai pemasangan plang besi tepi Danau Segara Anak Rinjani itu keterlaluan.

‘’Siapapun yang bikin ini, norak dan kampungan,’’ ungkap Ramli. Terkait pemasangan plang besi ini, Ramli juga selaku pengurus Rinjani National Geopark mengaku tidak tahu menahu. ‘’Bukannya menyelesaikan masalah, ini justru membuat masalah,’’ kata Ramli.

Branding Di Segara Anak Rinjani

Selain itu, beberapa postingan lain terkait pemasangan plang di tepi Danau Segara Anak ini muncul. Sayangnya, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani tidak bisa dikonfirmasi terkait pemasangan plang ini.

Ini sekedar informasi untuk Kepala Badan Taman Nasional Gunung Rinjani. Karena sepertinya, Kepala BTNGR yang baru ini belum memahami benar makna Rinjani bagi masyarakat Lombok. Makna Rinjani bagi masyarakat adat.  

Makna Rinjani bagi pecintanya. Atau mungkin, Kepala BTNGR ini tidak menyangka, ini akan menimbulkan penilaian buruk bagi Rinjani yang tengah di gadang menjadi taman dunia ( Geopark ).

Dulu, era 90 - an, pemerintah sempat memberikan izin pendaratan helikopter di Danau Segara Anak. Pemerintah pun sempat berencana membangun heliped di dekat danau. Tetapi, rencana itu ditentang keras oleh masyarakat adat dan para pecinta alam NTB.

Branding Di Segara Anak Rinjani
Persiapan pemasangan di pos Senaru
Sempat juga, ada beberapa kali rencana investor asing yang mau bangun kereta gantung di Rinjani. Tetapi, ide kapitalis itu ditentang mentah - mentah.

Kini, tiba - tiba BTNGR membuat plang besi yang norak dan kampung di tempat seindah Rinjani. Apa anda pikir karya anda ini bisa selaras dan sejalan dengan keindahan Rinjani. Sungguh ini branding konyol dan katrok. Norak dan memalukan.

‘’Akan saya hancurkan, buat apa itu,’’ tulis salah seorang netizen merespon postingan plang besi di tepi danau itu.  repost  utarakita
 

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×