Himalaya Untuk 5 Negara

Himalaya adalah pegunungan besar dan lebar yang memisahkan 3 wilayah benua Asia yakni utara selatan dan barat. Luas dari pegunungan Himalaya sendiri sekitar 1.500 hektar atau hampir setengah dari pulau Jawa! Maka wajar bila Himalaya di miliki oleh 5 negara, yaitu Nepal, India, Bhutan, Tibet dan Pakistan.

Himalaya

Nepal
Nepal dikenal sebagai pemilik pegunungan Himalaya. Wajar karena jika ingin mendaki Gunung Everest, maka harus mengurus izin visa ke Nepal. Tetapi sebetulnya, Gunung Everest ini dimiliki oleh 2 negara, Nepal dan Tibet. Tetapi karena pendakian di Tibet ini terlalu susah, maka banyak pendaki ini lebih senang naik lewat jalur Nepal.

India
Setidaknya India memiliki lebih dari 15 gunung di Himalaya. Termasuk Pegunungan Kangchenjunga, salah satu gunung tertinggi nomor 3 di dunia. Tingginya hanya kalah 300 meter dari Gunung Everest, dan sampai sekarang masih menjadi tujuan para pendaki dunia selain Everest.

Himalaya

Bhutan
Bhutan adalah negara yang sangat kecil dan berada di tengah - tengah Pegunungan Himalaya. Walaupun negaranya hanya sebesar Pulau Madura, Bhutan memiliki gunung Gangkhar Puensum yang tingginya 7,500 meter, tertinggi nomor 40 di dunia. Walaupun begitu, pendakian Gunung Gangkhar Peunsum ini baru berhasil pada tahun 1998.

Tibet
Seperti dijelaskan di atas, Gunung Everest ini dipunyai oleh dua negara, salah satunya Tibet. Walaupun pendakian Everest di Tibet ini sangat sulit dilakukan, para masyarakat Tibet beberapa kali mencoba dan berhasil.

Himalaya

Pakistan
Apakah kamu tahu bahwa gunung tertinggi nomor 2 di dunia yaitu Gunung Godwin-Austen berada di Pakistan? Ya, gunung yang dikenal dengan nama K2 mempunyai tinggi 8,611 meter, selisih 200 meter dengan Everest. Pada tahun 2015, hanya ada 300 pendakian sukses dan 80 gagal.  mldspot

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×