Cara Berkendara Yang Ramah Lingkungan

Cara Berkendara Yang Ramah Lingkungan juga turut serta menjaga Bumi atau menghijaukan Bumi kembali. Membuat alam lingkungan kita menjadi ramah adalah kewajiban kita penghuni Bumi, setelah tanpa kita sadari ataupun kita sengaja, banyak hal yang telah kita lakukan cenderung mempercepat kerusakan ekosistem Bumi. Mari kita berkendara yang ramah lingkungan.


MEMBELI MOBIL YANG LEBIH HEMAT BBM
Jika Anda sedang mencari mobil baru, tersedia banyak pilihan mobil ramah lingkungan – mulai dari mobil hibrida - listrik, mobil diesel, hingga mobil yang berbahan bakar alternatif. Selain bermanfaat bagi lingkungan, di negara - negara maju, pekerja yang membeli mobil hibrida atau mobil ramah lingkungan lain bisa mendapat keringanan pajak, diskon parkir bahkan uang tunai.

SANTAI SAAT MENEKAN PEDAL GAS
Jika Anda berkendara terlalu agresif, dijamin bensin Anda akan terbuang percuma. Konsumsi BBM Anda juga akan lebih boros hingga 33% di jalan tol dan 5% jika Anda berkendara di dalam kota. Daripada berakselerasi dengan cepat kemudian menekan rem, lebih baik Anda melajukan kendaraan secara perlahan, lihat ke depan untuk mengantisipasi apakah Anda perlu melepaskan gas untuk mulai menghentikan kendaraan.

MATIKAN MESIN
Berbeda dengan pendapat umum, menghidupkan mobil ternyata hanya butuh energi yang sama dengan membiarkan mesin tetap menyala selama 6 detik. Jadi, jika Anda menunggu lebih dari satu menit, matikan mobil dan hidupkan lagi jika Anda sudah siap melanjutkan perjalanan.

CERMAT MEMILIH RUTE
Supir yang menggunakan fasilitas navigasi lebih ramah lingkungan dibanding mereka yang tidak menggunakannya – hal ini karena mereka lebih jarang tersesat! Tersesat tidak hanya bisa memicu stress namun juga merusak lingkungan. Produsen mobil kini bahkan berinisiatif memasang sistem yang membantu pengemudi menempuh jarak yang paling hemat BBM. Berinvestasi pada peralatan GPS bisa membuat hati Anda lebih tenang dan lebih ramah lingkungan!

HINDARI BEBAN BERLEBIHAN
Semua orang tahu, semakin ringan dan ramping sebuah mobil, semakin hemat pemakaian BBM - nya. Jadi, copot rak di mobil Anda, buka jendela dan kosongkan bagasi agar beban mesin menjadi lebih ringan.

PILIH BBM MURAH
Gunakan bensin biasa untuk mobil Anda, kecuali mobil Anda mensyaratkan bensin dengan spesifikasi khusus. Kebanyakan mobil modern tidak mendapatkan manfaat dari bensin beroktan tinggi. Alih - alih, biaya bensin dan polusi bisa melonjak karena konsumsi bensin beroktan tinggi.

TUNJUKKAN CINTA ANDA
Rawat mobil Anda agar tetap beroperasi secara efisien dan awet. Pastikan Anda menggunakan oli dan menjaga tekanan ban sesuai ketentuan. Jangan lupa menservis mobil secara berkala untuk menghindari kerusakan yang bisa menyebabkan polusi berlebih dan boros BBM. Lebih baik lagi jika Anda memilih bengkel ramah lingkungan untuk merawat bodi mobil Anda.

KUNJUNGI TEMPAT CUCI MOBIL KOMERSIAL
Di negara maju, tempat cuci mobil profesional menggunakan air lebih hemat hingga 60% dibanding jika Anda harus mencuci mobil di rumah. Mereka juga berkomitmen dalam pembuangan air limbah sehingga tidak masuk ke saluran air, sungai bahkan danau di lingkungan sekitar.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×