Harimau Di Lawu

Semua orang, hampir semua orang pasti pernah lah melihat Harimau, baik di kebun binatang maupun di televisi. Bentuk yang gagah dengan taring yang aku pikir Dracula pasti takut tersaingi, dan bulu yang nampak menakutkan bagi yang bertemu langsung. Berpikiran, takut di mangsa. Harimau memang pemakan daging atau carnivora, dan cenderung di anggap hewan liar yang tak ramah pada siapapun, apalagi jika merasa terusik. Maka lebih baik ya tak mengganggunya, cukuplah di lihat sambil bersembunyi.

Ketika kami, Belantara Indonesia menuju Gunung Lawu , di wilayah Tawangmangu, Jawa Tengah, yang kami awali pendakian dari Cemoro Kandhang. Saat berhenti beristirahat di pos 1 Taman Sari Bawah, yang disana ada sebentuk Warung yang menjual makanan ringan dan minuman panas, di sebelah warung, di pohon besar nampak seekor anak harimau yang sedang memanjat pohon. Surprise dan sangat tak ingin kami lewatkan pemandangan tadi, jarang saat kami di alam bebas bisa menyaksikan langsung hewan liar yang dekat pada pengunjung, kecuali gunung - gunung di luar jawa yang masih relatif mudah menemui hewan hutan. Ketika kami di dekat pohon tempat anak harimau tadi memanjat, dia tak nampak kaget atau ketakutan, tetapi justru makin memanjat ke atas pohon, walau tak lama kemudian dia segera turun pohon dan lari masuk ke padatnya hutan Lawu. Setelah itu, Pak Gondrong sang penjaga hutan bercerita bahwa sering harimau berkeliaran di area Lawu dan tak mengganggu pendaki yang memang berniat baik tak merusak alam dan mengganggu binatang hutan. Tetapi kami cemas juga, yang kami cemaskan, jika anak harimau tadi lari masuk hutan lalu memanggil Bapaknya! Wah bisa rusak suasana..Pasti laporan anak harimau tadi jika sampai bapaknya, bapaknya akan langsung mengkonfrontir kita tanpa pertanyaan, tapi langsung serangan maut! Apalagi jika laporan anak harimau tadi ke bapaknya ucapannya, " Papa, tadi ada orang yang cubit aku tuu..".. Wah bisa kacau balau.

Silahkan bagi kawan yang ingin menuju Lawu, semoga bisa jadi saksi ramahnya anak harimau di sana, tetapi mungkin sekarang anak harimau tadi sudah beranjak remaja, dengan aksesoris Blackberry di pinggangnya...halah.. Yah bisa kami rasakan jika hewan liar di Lawu memang ramah, maka lebih baik kita juga bersikap ramah tanpa mengganggunya atau merusaknya, biarkan mereka hidup nyaman di habitatnya dan di rumahnya. Selamat bertualang ya kawan...

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×