Puncak JayaWijaya, Atap Indonesia

Bila anda para sahabat alam berminat menuju JayaWijaya, tentu yang mutlak harus dipersiapkan adalah kesehatan fisik, perbekalan serta logistik Perbekalan yang maximal dan tak mengada - ada mesti di siapkan sedini mungkin, karena itu penting untuk menjaga raga dan kelaparan tentunya.


Selain itu latihan fisik juga di lakukan, sebaiknya di lakukan di daerah yang bersuhu dingin, agar nantinya mulai terbiasa dengan salju dan es di JayaWijaya, jadi awalilah dengan jualan es cendol atau es buah! Latihan membiasakan di suhu yang dingin juga nantinya akan menghindarkan kita dari penyakit alam seperti Hypothermia, yakni hilangnya panas tubuh karena berada di suhu teramat dingin. Lalu perijinan juga harus di persiapkan jauh hari sebelum pendakian. Sebab disamping karena medan yang cukup berat juga kawasan Papua sering terjadi kerusuhan, semisal perang antar suku dll.

Sulitnya perizinan untuk mendaki “atap Indonesia” ini kerap memunculkan ungkapan satir: ”lebih sulit mengurus izinnya daripada mendaki gunungnya”. Mengingat medan pendakian yang berat, proses perizinan yang rumit, serta jaminan keamanan ketika proses pendakian, sebaiknya para pendaki memanfaatkan jasa agen perjalanan yang berpengalaman. Berbagai agen perjalanan yang memiliki reputasi internasional telah menyediakan dua pilihan jalur pendakian, yaitu jalur klasik melalui Desa Ilaga, atau jalur kedua yang lebih nyaman dengan menumpang helikopter menuju base camp Bukit Danau ( Danau Valley ).


Jasa agen perjalanan tersebut biasanya akan menangani juga masalah perizinan, transportasi dari Jakarta menuju Papua, persewaan helikopter menuju base camp, pemandu pendakian, asuransi, serta latihan dan pengkondisian tim sebelum pendakian. Tentu saja, biaya per orang untuk satu tim pendakian dengan menggunakan jasa agen perjalanan memerlukan biaya yang cukup besar, yaitu sekitar 10.000 USD per orang ( atau sekitar seratus juta rupiah lebih ). Mahal!!... Belantara Indonesia pernah sampai di sana dan berminat mendakinya, sayang sekali gagal karena banyak sebab. Yang utama karena sakit melanda, selain sakit raga juga sakit di uang...hehehe..tetapi nanti suatu waktu semoga bisa sampai ke Cartenz Pyramid JayaWijaya kembali, semoga...

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×