Nutrisi Dalam Ekspedisi Pendakian Gunung

Ekspedisi pendakian gunung sering di lakukan para petualang alam, menyusuri hutan rimba dan mengagumi indahnya ciptaan Tuhan. Ekspedisi biasanya melakukan pendakian gunung yang lebih dari satu gunung.

Dan jelas memerlukan fisik yang bagus dan sehat. Semua juga di dukung oleh asupan yang baik dan prima, tak sekedar makan dan minum mengenyangkan perut semata.

Nutrisi Dalam Ekspedisi Pendakian Gunung

Ada beberapa nutrisi yang disarankan bagi penggiat ekspedisi gunung. Dalam melakukan sebuah ekspedisi yang akan memakan waktu berminggu - minggu.

Perencanaan perbekalan konsumsi sangat perlu untuk diperhitungkan sebaik mungkin dan setepat mungkin, walaupun para pecinta alam hampir semuanya telah dibekali dengan latihan survival latihan yang membuat mereka bisa memanfaatkan tumbuhan sekitar mereka dihutan belantara untuk bertahan hidup.

Namun tidak ada salahnya sebelum berangkat ekspedisi urusan perut diberikan perhatian lebih.

Perencanaan perbekalan merupakan salah satu hal yang perlu mendapat perhatian khusus. Sebelum kita menetukan perbekalan konsumsi yang akan kita bawa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti: Lamanya perjalanan, kondisi medan ( Terjal, hutan belantara, dll ), serta beban yang kita bawa selama perjalanan ekspedisi tersebut.

Tidak ada salahnya perbekalan yang dibawa memperhitungkan nilai kalori yang memadai, berada berminggu - minggu didalam hutan belantara adalah untuk kesenangan dan kepuasan bukan untuk menyakiti diri sendiri.

Perjalanan panjang dan melelahkan tentulah akan sangat mengurus tenaga kita, oleh karena itu asupan energi yang masuk ketubuh kita harus berbanding dengan energi yang kita keluarkan.

Beberapa hal aspek yang perlu diperhatikan dalam perbekalan kita antara lain :

- Kandungan kalori
- Makanan tahan lama
- Gampang dalam hal penyajian
- Ringan dan murah
- Bisa untuk melawan dinginnya cuaca
- yang paling penting makanan tersebut aman untuk dikonsumsi

Dalam 1 hari, perjalanan ekspedisi hampir memakan waktu sekitar 5 - 10 jam, yang melewati turunan serta tanjakan terjal, lebih dari 2000 kalori yang kita keluarakan dalam perjalanan tersebut, oleh sebab itu kita harus mengganti kalori yang telah kita keluarkan.

Kalori dapat kita peroleh dari protein, lemak dan juga hidrat arang. Beberapa sumber kalori antara lain ( tiap 100 gr ) :

Nasi 178 kalori
Kentang 90 kalori
Singkong 140 kalori
Roti 248 kalori
Biskuit 458 kalori
Gula pasir 364 kalori
Madu 294 kalori
Coklat manis 472 kalori
Tempe 119 kalori
Kacang tanah 360 kalori
Telur ayam 162 kalori
Dendeng 433 kalori
Sardens 338 kalori

Dan pada akhirnya, ringan kan beban bawaan, jangan terlalu berat, juga akan mempengaruhi kondisi badan.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×