Memilih Kantong Tidur Untuk Pendakian

Sebelumnya, ada satu cerita tentang kegunaan dan fungsi vital kantong tidur atau sleeping bag untuk pendakian gunung. Menggambarkan, kantong tidur juga penting jika kita menaiki tingginya gunung yang memerlukan waktu hingga menginap di tengah alam bebas. Tak bisa di sepelekan kegunaannya. Silahkan di sertakan saat kita berpetualang.

Dua pendaki gunung Rusia meninggalkan seorang temannya yang kelelahan di ketinggian 6.000 meter karena kelelahan. Mereka tengah mendaki puncak K2 di Pegunungan Himalaya dan dalam perjalanannya dihantam badai. Seorang temannya yang kelelahan terpaksa harus tinggal di sebuah ceruk. Keduanya lalu turun untuk mencari bantuan. Sebelum ditinggalkan, pendaki yang kelelahan itu dibungkus dalam kantong tidur ( sleeping bag ).

Dua hari kemudian bantuan datang. Pendaki yang ditinggal ternyata masih dalam keadaan hidup walaupun kondisinya sudah demikian parah. Suhu yang ekstrem dan kondisi tubuh yang sakit membuat orang bisa cepat kehilangan panas tubuh. Bila ini terjadi, kematianlah yang datang. Kantong tidur agaknya bisa dijadikan sebagai benteng pertahanan dari kondisi tersebut.

Berbagai macam kantong tidur bisa didapat di toko - toko yang menjual alat - alat pendakian gunung. Hanya saja sebaiknya kita tahu betul akan spesifikasi kantong tidur itu agar tidak salah beli. Kondisi alam pegunungan dan cuacanya bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih kantong tidur yang tepat.

TAK TEBAL
Bagi pendakian yang dilakukan di pegunungan tropis, sebaiknya memilih kantong tidur yang tidak terlalu tebal. Marmot Sawtooth adalah pilihan yang cocok. Kantong tidur ini dibuat untuk musim semi dan musim panas. Atau buat mereka yang menyukai perjalanan di perkebunan teh dan perjalanan di kaki - kaki pegunungan Himalaya.

Ini bisa juga digunakan untuk berbagai perjalanan. Dengan kemampuan menahan suhu sampai 5 derajat Celsius, maka dianggap cukup untuk dibawa di pegunungan tropis. Kalau membawa yang terlalu tebal, sebaliknya selain kepanasan, juga sulit untuk disimpan. Kantong tidur yang memiliki kemampuan menahan serangan udara dingin di bawah nol derajat biasanya lebih tebal.

Merek lain yang bisa digunakan adalah Jack Wolfskin buatan Jerman. Produk dari pabrik ini menggunakan softnylon atau bahan yang mereka rancang bernama Texapore Lightweight dengan kemampuan menahan suhu sampai 5 derajat Celsius.

Jack Wolfskin mengeluarkan beberapa jenis kantong tidur dengan beberapa tipe. Ayer’s Rock, jenis ini bisa digunakan dalam suhu ekstrem sampai minus 5 derajat Celsius. Bahan yang dipakai Softnylon berlapis bulu angsa. Panjangnya 210 cm dengan berat 550 gram dan lebar 36 x 17 cm. Ada juga yang panjangnya 230 cm dan beratnya sekitar 600 gram.

ASCENT
Jenis ini berbahan sama dengan kemampuan minus 10 derajat Celsius, panjang 210 cm dan berat 700 gram. Tipe Altitude ini digunakan untuk pendakian gunung salju dengan kemampuan menahan suhu sampai minus 17 derajat Celsius. Dua jenis ukuran 210 cm dan 230 cm dan berat 900 gram dan 990 gram merupakan pilihan bagi yang memiliki tubuh lebih tinggi.

Merek Marmot Pinnacle yang harganya sekitar US$ 329 berisikan lapisan bulu angsa, anti air dan mampu menahan serangan angin salju. Pada bagian kepalanya terdiri dari tiga lapis yang bisa melindungi kepala dari serbuan udara dingin. Bagian penyekat memakai Velcro sehingga bisa dengan mudah untuk dibuka. Resleting dibuat dari bahan khusus yang tidak mudah macet dalam cuaca dingin.

Ada kantong kecil di bagian dalam yang bisa dipakai menyimpan makanan atau obat - obatan saat kita berada di dalamnya. Di bagian kaki, bulu angsa pelapis lebih tebal yang fungsinya mampu menyekat panas tubuh yang gampang hilang pada telapak kaki manusia. Ini bisa digunakan untuk berbagai perjalanan dengan kemampuan menahan suhu minus 10 derajat Celsius. Bahan yang dipakai nilon.

MARMOT
Marmot mengeluarkan beberapa kategori seperti seri Specialist Boxfoot, jenis ini terdiri dari Highland dengan berat 600 gram, ideal untuk perjalanan jangka pendek. Spindrift berat 750 gram cocok untuk ski. Telemark, 850 gram ideal untuk perjalanan musim dingin. Mainrange, 950 gram banyak dipakai pada cuaca yang sangat buruk dan sangat dingin. Nemo, 980 gram, tipe ini dirancang untuk wanita dan digunakan pada cuaca yang sangat buruk.

Seri Taoered Rectangular terdiri dari Nadgee, cocok dipakai untuk tiga musim terutama saat perjalanan di hutan. Brindabella, model ini sangat popular dan banyak dipakai oleh para petualang 20 tahun belakangan. Aurora, model yang dibuat untuk wanita dan bisa dipakai dalam empat musim. Franklin, bagi mereka yang akan menembus cuaca sangat dingin, pasti akan terlindung dengan tipe ini.

Seri Extenders terdiri dari Nitro Extender dengan 150 gram, ini yang paling ringan dan banyak dipakai para petualang yang mengadakan perjalanan antar negara. Hotwire berat 25 gram, karena tidak terlalu tebal bisa dipakai untuk pendakian di gunung tropis.

Dalam kondisi gawat, biasanya sebelum memakai kantong tidur bisa juga menggunakan survival blanket dengan merek Edelrid sebuah kantong penyekat panas tubuh buatan Jerman yang untuk membungkus tubuh saat menghadapi cuaca yang tiba - tiba buruk. Berat bahan ini hanya 600 gram dengan ukuran 220 x 140 cm. Terkadang oleh banyak orang dipakai untuk menyelimuti sopir kendaraan yang syok saat terjadi kecelakaan. Oleh sebab itu, survival blanket ini juga termasuk dalam kelengkapan P3K di mobil - mobil Amerika dan Eropa.

Harga dari kantong tidur ini sangat beragam, mulai dari US$ 110 sampai US$ 329. Kalau hitungannya mahal, kantong tidur buatan dalam negeri dengan merek Eiger, Alpina, Panthera dan Boogie juga bisa dipakai. Harganya tentu lebih terjangkau.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×