Pertolongan Pada Hypothermia

Hypothermia adalah penyakit dingin yang biasanya muncul pada ketinggian, atau bisa juga di daerah perairan. Bisa terjadi untuk para pendaki gunung tinggi ataupun para penggemar arung jeram ataupun penyelam. Bila kita jatuh dalam air, kita bisa meninggal karena hypothermia. Gunakan PFD ( Personal Flotation Device ), seperti jaket dan rompi pelampung. PFD selain membuat kita terapung dalam air, juga menghangatkan tubuh kita, serta hindari banyak bergerak.

www.belantaraindonesia.org

Kita kehilangan panas tubuh lebih banyak saat berenang atau bergerak di dalam air. Tetap bersama perahu, jika perahu masih ada. Naiklah ke atas perahu secepat mungkin. Jaga kepala tetap kering dan hangatkan tubuh. Lindungi area kehilangan panas di tubuh kita dengan posisi H.E.L.P ( Heat Escape Lessening Position ) jika anda sendirian di dalam air.

Posisi H.E.L.P adalah posisi meringkuk dengan badan menghadap ke atas, tangan disilangkan di depan dada, usahakan kepala kita berada sejauh mungkin di atas air. Jika kita berkelompok, kita dapat menggunakan posisi berangkulan melingkar secara rapat ( posisi huddle ).

PERTOLONGAN PADA HYPOTHERMIA

Apa yang harus kita lakukan pada orang yang mengalami hypothermia?
1.  Berhati - hati
2.  Keluarkan orang itu dari dalam air dingin, angin atau udara dingin.
3.  Keringkan badan orang tersebut, kenakan pakaian yang kering.
4.  Cegah kehilangan panas tubuh yang lebih banyak. Lindungi daerah kehilangan panas tubuh paling banyak. Kenakan penutup kepala yang hangat dan scarf. Gunakan plastik untuk sampah, potong sebuah lubang untuk masuk kepala dan gunakan seperti memakai kaos.

Bila sangat kedinginan hingga sulit berbicara atau berjalan segera bawa menuju rumah sakit terdekat, dan hati - hati saat kita memindahkannya. Dan bila rumah sakit terlampau jauh, berbagilah panas badan. Lepas seluruh pakaian penderita. Letakkan dalam sleeping bag. Lepas pakaian kita dan masuklah ke dalam sleeping bag bersama orang tersebut. Hangatkan orang tersebut melalui sentuhan kulit. Dan hindari berpikiran mesum! Apalagi sejenis bukan?

HINDARI

1. Menggosok tangan atau kaki yang dingin.
2. Menyiram penderita dengan air hangat atau shower.
3. Membiarkan dia bergerak atau berjalan.
4. Jangan pernah memberikan alkohol atau minuman pada orang yang sangat kedinginan.

Saat kita melakukan kegiatan ourdoors, berpikirlah! Cegah hypothermia sebelum kita mengalaminya. Jaga kondisi tubuh tetap hangat dan kering. Makanlah dengan baik dan minum banyak air. Istirahat cukup, kita tidak dapat menghentikan cuaca. Kita akan menemui hujan, salju dan dingin. Tapi kita dapat berjaga - jaga terhadap hypothermia. Kita dapat mengetahui apa yang harus dilakukan, dan kita dapat bersiap diri.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×