Merawat Dan Memilih Sepatu Panjat

Bila anda tertarik atau menyukai olahraga panjat tebing tentu membutuhkan sepatu panjat tebing. Selain untuk style atau performance anda, juga untuk menjamin tingkat kenyamanan dan keamanan kaki anda berkegiatan panjat tebing. Tetapi sebelumnya, anda silahkan baca tips dan cara merawat serta memilih sepatu panjat berikut ini.

1. Sesuaikan dengan type atau kebutuhan anda.
Produk sepatu panjat tebing secara umum terbagi atas 2 jenis, yakni sepatu panjat untuk tebing alam ( adventure climbing ) dan sepatu untuk tebing buatan ( sport climbing ) Silahkan pilih sesuai dengan minat anda.
2. Belilah sepatu dengan merk yang sudah memiliki reputasi.
Sepatu panjat tebing yang sudah memiliki reputasi pada umumnya adalah produksi dari luar negeri, harganya tentu akan lebih mahal dibanding produk lokal, namun ini akan setimpal dengan kepuasan dan prestasi yang dapat anda peroleh nantinya. Namun bila budget anda terbatas maka produk lokal Indonesia adalah pilihan yang patut anda pertimbangkan.

3. Beli di Toko yang terpercaya.
Untuk produk sepatu luar negeri anda bisa membelinya secara online, saat ini banyak online store yang menjual berbagai macam produk panjat tebing, caranyapun relative mudah asal anda memiliki creditcard yang berlogo mastercard atau visa. Ada baiknya pula anda teeliti dan berhati - hati membeli secara online, pastikan website tersebut memiliki reputasi yang baik, www.amazon.com bisa menjadi pilihan anda untuk membeli sepatu gunung, atau langsung ke situs produsen sepatu panjat tebing.

4. Sesuaikan ukuran kaki anda.
Untuk penomoran sepatu panjat tebing berbeda dengan nomor sepatu pada umumnya biasanya dengan nomor 3, 4, 5 dst. Terkadang nomor sepatu untuk masing - masing merk juga berbeda, karenanya pastikan anda mencobanya terlebih dulu. Bila anda membeli secara online atau memesan dari daerah lain, anda bisa mencoba sepatu teman atau orang lain yang sama dengan ukuran anda dengan memperhatikan nomor masing - masing merk.

5. Cari Great Deals On - Line.
Jika anda membeli dengan cara memesan secara online, tentunya anda tidak dapat mencobanya, dan ada kemungkinan tidak sesuai dengan kaki anda. Maka ada baiknya anda memastikan pada pihak penjual untuk dapat mengirimkan kembali untuk menukar ukuran.
6. Sewa atau pinjam terlebih dulu
ada baiknya pula, sebelum anda memutuskan membeli terlebih dahulu menyewa atau meminjam berbagai jenis / merk sepatu untuk dipergunakan latihan beberapa kali. Hal ini akan sangat membantu anda untuk memahami seluk beluk sepatu dan menolong anda untuk menemukan merk / jenis sepatu yang cocok untuk anda.

Setiap selesai digunakan baik untuk latihan maupun bertanding, sepatu panjat akan lembab baik karena keringat maupun terkena air. Karenanya segera bersihkan dengan menggunakan lap yang halus lalu kering anginkan di tempat yang tidak terkena panas matahari langsung. Hal ini untuk mencegah sepatu anda berjamur atau menjadi sarang bakteri.

Untuk menghindari bau pada sepatu panjat, ada baiknya sesekali anda semprotkan dengan cairan penghilang bau pada sepatu yang banyak di jual di toko - toko, alternatif lainnya dengan semprotan penghilang bau yang biasanya digunakan untuk helm.

HINDARI MELETAKKAN SEPATU DI BAWAH TERIK MATAHARI ATAU DI TEMPAT PANAS

Jangan sesekali menaruh sepatu anda di tempat yang terkena terik matahari langsung atau di tempat yang memiliki tempratur panas seperti bagasi mobil. Suhu panas akan merusak sepatu khususnya pada bagian yang terbuat dari karet, selain itu panas juga dapat melemahkan daya rekat lem yang mengikat telapak sepatu anda. Sebaiknya sepatu dan seluruh peralatan memanjat anda ditaruh pada wadah dan tempat yang kering namun sejuk. Ada banyak tas sepatu panjat yang didesain khusus dengan bahan nilon.

MEMBERSIHKAN SEPATU

Untuk membersihkan sepatu panjat yang kotor gunakan kain basah dan gosokan pada sol atau tapak sepatu yang kotor. Hilangkan material yang melekat pada sepatu seperti debu, lumpur atau pasir dengan menggunakan sikat yang halus, saat menyikat jangan terlalu kuat sebab bisa merusak komponen sepatu.

Hindari menyimpan sepatu panjat tebing dalam wadah atau atau tempat yang sesak atau bertumpukan dengan peralatan yang lain, selain merusak bentuk sepatu juga dapat menyebabkan kerusakan komponen sepatu.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×