Cara Merawat Sepatu Gunung

Sepatu gunung atau sepatu yang di gunakan di alam bebas, merupakan salah satu alat yang wajib dipakai dan seharusnya penggiat alam bebas memilikinya.

Karena fungsi sepatu sangat terasa ketika kita berada di tengah alam bebas. Membuat kaki kita merasa terlindungi dengan fungsi - fungsi sepatu yang mendukung untuk petualangan. Dan juga sebaiknya kita mengetahui cara merawat sepatu gunung tersebut.

MERAWAT DAN MENYIMPAN SEPATU
Buka tali sepatu, hilangkan kotoran yang melekat pada tapak sepatu dengan Revive X Boot Cleaner dan udara. Revive X Boot Cleaner bisa kita dapatkan di toko - toko Outdoor.

Cara Merawat Sepatu Gunung

Kemudian gunakan Revive X Nubuck, Suede and Fabric Water Repellent untuk membersihkan sepatu hingga kering ( Dry Clean ). Semprot pada wilayah atas dan sisi dari area jari kaki. Khususnya dimana posisi sepatu sering tertekuk.

Cara Merawat Sepatu Gunung
Bahan sepatu yang baik harusnya bisa memenuhi empat syarat, yakni: membuat sepatu terasa lebih nyaman, bisa memperkecil risiko kulit kaki melepuh, bisa menyerap keringat dari kaki, dan mampu cepat kering.

Banyak produksi sepatu sekarang lebih memilih menggunakan bahan sepatu bermembran antiair tapi tetap dapat bernapas, seperti bahan Sympatex atau Gore-Tex.

Karena bahan jenis tersebut menjamin tidak akan masuknya berbagai jenis cairan dan menjamin tercukupinya syarat bahan sepatu yang baik.

Jenis sepatu yang baik sekarang biasanya menggunakan tiga jenis lapisan sol. Sol terluar ( outer sole ), paling bagus terbuat dari bahan karet campuran.

Karena dapat mengurangi risiko terpeleset bila sedang melakukan aktivitas di alam bebas. Cobalah lihat sol bagian terluar tersebut, yang baik biasanya memiliki pola tapak bergerigi dan pada tumit terdapat pola setengah bulat sehingga dapat menggigit tanah.

Sebelum melakukan perjalanan, cobalah untuk memakai sepatu baru anda disekeliling rumah atau tempat tinggal, ini berguna untuk mencegah lecet dan membuat kaki terbiasa dengannya.

Jika tidak punya waktu untuk itu, buatlah basahilah sepatu boot kulit baru itu dan pakai hingga kering.

Akan tetapi jangan coba - coba pergunakan cara ini di jalan setapak. Jika sudah berada di jalan setapak periksalah kaki anda sesering mungkin guna mencegah terjadinya lecet yang mungkin akan terjadi.

LAPISAN ANTI AIR
Sepatu kulit harus dilapisi dengan krim anti air secara teratur agar lebih kuat dan tahana air. Krim pelapis dengan bahan dasar lilin adalah salah satu yang terbaik.

Pelapis silikon juga baik dalam melindungi sepatu kulit dari kerusakan pada cuaca yang sangat dingin.

PERAWATAN KAKI
Kaki anda menanggung beban atas berat badan anda dan juga beban perlengkapan anda. Selain memberi perlindungan dan kenyamanan kaki dengan sepatu yang baik, dalam perjalanan kesehatan kaki pun harus juga diperhatikan sepanjang hari. Ingat! kaki adalah "mahkota" dalam perjalanan. Beberapa hal di bawah ini adalah perawatan yang harus dilakukan:

Menggunting Kuku
Gunakan pemotong kuku yang besar, potong pendek dan rata kuku kaki anda. Kuku yang panjang akan patah atau menyebabkan luka pada bagian pangkal kuku.

Mencuci
Dalam kaos kaki tebal dan sepatu hiking kaki akan selalu berkeringat, menyebabkan timbulnya mikroba. Cuci kaki anda dengan sabun, sedikitnya satu kali sehari, bersihkan kuku kaki anda secara seksama. Di samping menjadi sehat juga bebas dari bau.

Pengeringan
Keringkan kaki anda secara teliti dengan handuk atau lap kasar. Setelah kering, biarkan kaki anda terkena sinar matahari dan udara segar, hati - hatilah untuk menghindari luka bakar.

Bedak
Gosokan bedak anti jamur pada sela - sela jari kaki anda untuk mencegah kaki anda tidak lembab dan mudah terkelupas. Untuk menyembuhkan kaki yang terkelupas, bersihkan kulit yang terkelupas tersebut kemudian gosokan bedak.

MEMIJAT KAKI
Berjalan jauh dengan membawa beban cenderung melebarkan kaki anda, menegangkan dan melelahkan tulang, otot dan sendi - sendi. Anda dapat menyembuhkan dengan pijatan.

Genggam satu telapak kaki dengan kedua tangan dan gosok perlahan dengan menggunakan ibu jari. Pijatan juga baik untuk meningkatkan sirkulasi dan mengurangi gatal yang disebabkan oleh kurangnya sirkulasi.

MEMILIH KAOS KAKI
Pertimbangkan kondisi perjalanan yang akan anda lalui pada saat memilih kaos kaki. Kaos kaki tebal yang terbuat dari wool akan memberikan perlindungan yang lebih baik untuk kkai anda terhadap panas dan permukaan beku.

Sediakan beberapa pasang kaos kaki. Kaos kaki yang tipis akan cepat basah oleh keringat dan akan mudah sobek.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×