Bukan Cinta Satu Malam

Bukan cinta satu malam yang hanya tumbuh semalam, kemudian pagi dan siang menjelang, cinta itu hilang bagai badai di puncak Gunung. Tentang cinta satu malam kali ini, akan menohok sebuah cinta yang universal, dan tentang sebuah cinta kepada alam. Terutama alam hijau Indonesia yang sering di kunjungi oleh penyandang nama hebat, Pecinta Alam.

Pada era sekarang, banyak pendaki gunung dan penggiat alam bebas yang mengunjungi gunung hanya semata sebatas pada kesukaan dan membuang rasa bosan. Itu saja. Dan ada kalanya, agar dicap: Hebat! Benarkah pendaki gunung hebat? Mulai dari awal pendakian sore hari dari kaki gunung, hingga menjelang pagi sampai di puncak tinggi, dan dalam masa itu, semalaman cinta tumbuh kepada alam, dan ditunjukkan dengan sikap takut alam akan mengganggunya jika kita iseng kepada alam.

Belantara Indonesia Mountaineering

Dan kebanyakan, bila bertemu dengan rekan sesama pendaki akan terucap kata: Salam lestari! Lestari untuk alam tentunya. Semangat itu terus membahana selama di tengah alam terbuka. Dari sikap juga berusaha dengan tulus menunjukkan bahwa kita mencintai alam, dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak merusak atau mencoret pohon dan dinding batu, tidak juga memetik Edelweis dengan nada pongah demi kata hebat. Begitu terus terjadi hingga turun di pos terakhir. Gunung dan alam tetap bersih dari sampah kita dan tanpa rusak oleh tangan iseng kita.

Demikian hingga pulang menuju rumah, perilaku tersebut ada baiknya diterapkan. Sekedar berbagi kisah. Tatkala anggota Belantara Indonesia mengunjungi Pantai Teleng Ria di Pacitan Jawa Timur, ada yang membedakan, antara penggiat alam bebas dan bukan, atau Belantara Indonesia atau bukan. Selalu anggota kami sungkan dan tak enak hati untuk membuang bungkus permen di sembarang tempat. Dia selalu mengatakan dengan sedikit gumaman, " Aku Belantara Indonesia, mulai dari diri sendiri untuk menghargai alam dimanapun berada ". Kami bangga!


Maksud kisah kecil di atas bukan kami ingin sok bersih, tetapi hanya ingin dijadikan contoh, bahwa cinta alam itu dimana saja, tak hanya semalaman mendaki gunung cinta tumbuh, kemudian paginya hilang tak berbekas rasa cinta tersebut. Bukan cinta satu malam. Terapkan dan tetap cinta alam dimanapun kita berada. Yang pasti bisa adalah dengan memperhatikan hal - hal kecil, seperti membuang sampah jangan sembarangan. Berkata cinta itu mudah, tetapi merubahnya menjadi tulus itu yang terkadang sulit, dalam hal apapun. Nikmatilah pendakian di alam bebas dan terpesonalah dengan puncak tinggi, tetapi sedihlah saat melihat, alam sekitar kita kotor karena ulah kita juga.

Belantara Indonesia Collection

Bagi yang suka merokok, merokoklah dengan nyaman, tetapi matikan api rokok hingga benar - benar padam dan tidak membahayakan hutan dari kebakaran. Mendaki gunung itu mudah, mencintai alam juga mudah, yang sulit hanyalah kemauan dan ketulusan. Mendakilah dengan cinta yang bukan cinta satu malam! Salam Rimba Indonesia!

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×