Ekspedisi Khas Indonesia

Sebagai kegiatan olah raga yang sulit untuk diperbandingkan, mendaki gunung memerlukan ekspedisi untuk sebagai bukti pencapaian seseorang.

Dan tingkat kesulitan menjadi kriteria khasnya di tambah dengan angka ketinggian yang memang terukur. Selain masalah teknis seperti perlengkapan dan perbekalan pendaki Indonesia.

Ekspedisi Khas Indonesia

Oleh karena itu, selama ini gunung - gunung es di Himalaya telah menjadi ikon yang sulit tergantikan. Karena Everest dan 13 puncak lainnya,yang ketinggiannya diatas 8.000 meter diatas permukaan air laut tersebar dikawasan itu.

Wajar jika kemudian para pendaki Indonesia beramai - ramai ingin mencoba keberuntungan dikawasan itu agar mendapatkan pengakuan dari dunia Internasional.

Dampak negatifnya adalah terbengkalainya upaya pegenalan tanah air sendiri, seperti dikeluhkan Herman Lantang, salah seorang MAPALA UI.

Dari dulu kita mengadakan kegiatan ini untuk menanamkan Rasa Cinta Tanah Air ,” ujar Herman. ”Sampai mati kayaknya saya nggak akan selesai mengeksplorasikan tanah air kita ini,” ia menambahkan.

Dari sisi pariwisata, kalau ada kecenderungan wisatawan pendaki berkantong tebal membidik puncak Everest melalui suatu tur Ekstrem yang diselenggarakan oleh Biro - biro Perjalanan petualangan dunia, adakah Indonesia memiliki peluang untuk menjaring juga para wisatawan tersebut?.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengkampanyekan seri pendakian tematik di Indonesia. Sebagaimana diketahui, Tanah Air kita memiliki Gunung Api terbanyak di Dunia, yaitu 129 buah.

Letusan Gunung Tambora pada 1815 memakan korban terbesar dalam sejarah peradaban, yakni 92.000 jiwa. Apakah fakta sejarah itu kita biarkan saja sekedar sebagai catatan di Buku - Buku Pelajaran ?.

Padahal kerapatan deretan dengan gunung api yang tersebar dari barat sampai ke timur ini yang memungkinkan dilakukannya pendakian marathon spektakuler bagi peminatnya.

Sebagai perbandingan, peserta The Three Peaks Challenge di Inggris harus berkendaraan sejauh 800 km untuk mencapai Base Camp 3 Gunung tujuan.

Ini hanya sekedar mengingatkan pendaki Indonesia untuk lebih mengenal gunung - gunungnya sendiri. Selayaknya kita mempromosikan wisata pendakian gunung tropis .

Melalui rekam jejak kita yang panjang, kita bisa memberikan contoh konsistensi hidup sebagai seorang pendaki. Namun kegiatan alam bebas memerlukan sinergi dari berbagai pihak.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×