6 Gunung Berkarakteristik Spektakuler

Gunung - gunung memang tidak seindah warna aslinya. Bentang alam tersebut terkadang banyak memiliki karakter yang spektakuler dan memiliki sejarah yang panjang dari sisi alamnya. Banyak gunung hebat di dunia ini, dan berikut ini terangkum 6 gunung berkarakteristik spektakuler di dunia untuk menambah pengetahuan kita.

1. Gunung Meja, Afrika Selatan


Table Mountain merupakan ikon Afrika Selatan dan satu - satunya situs alami di planet ini untuk memiliki konstelasi bintang yang diberi nama yang sama - Mensa, yang berarti “meja”. Gunung berpuncak datar ini telah bertahan enam juta tahun erosi dan merupakan tempat tinggal kerajaan flora kecil tapi terkaya dengan lebih dari 1.470 spesies bunga. Gunung Meja memiliki sejumlah besar spesies langka dan terancam punah. Ini adalah situs yang paling dikenal di Cape Town, pintu gerbang Afrika, karena puncak datarnya yang unik dan mencapai 1.086 m dpl.

2. Gunung Kilimanjaro, Tanzania


Dengan tiga kerucut gunung berapi, Kibo, Mawensi, dan ShiraGunung Kilimanjaro adalah gunung api tidak aktif strato di bagian barat laut Tanzania. Ini adalah gunung yang berdiri bebas tertinggi di dunia, dengan ketinggian 4.600 m dari dasarnya, dan termasuk puncak tertinggi di Afrika dengan 5.895 meter.

3. Matterhorn, Swiss


Matterhorn / Cervino mungkin merupakan gunung yang paling dikenal di pegunungan Alpen di Eropa. Di perbatasan antara Swiss dan Italia, menara di atas desa Zermatt di Swiss dan desa Breuil - Cervinia, Italia, di Tournanche Val. Gunung ini memiliki empat wajah, menghadap empat arah mata angin, masing - masing, dengan wajah utara dan selatan bertemu untuk membentuk punggungan puncak pendek timur - barat. Wajah - wajah yang curam, dan hanya sebagian kecil dari bersalju dan es melekat padanya; longsoran salju secara teratur menjatuhkan salju dan menumpuk pada gletser di dasar setiap wajah.

4. Miford Sound, Selandia Baru


Milford Sound, terletak di barat daya Pulau Selatan Selandia Baru, terletak di dalam Taman Nasional Fiordland. Memanjang 15 km ke pedalaman dari Laut Tasman dan dikelilingi oleh wajah - wajah tebing yang terjal yang menjulang 1200 m atau lebih di kedua sisinya. Di antara fitur - fiturnya yang paling mencolok adalah Puncak Mitre, menjulang 1.692 m di atas Sound, Puncak Gajah dengan ketinggian 1.517 m dan menyerupai kepala seekor gajah, dan Gunung Singa, 1.302 m, berbentuk singa merunduk. Hutan hujan lebat meliputi tebing ini, sementara anjing laut, pinguin dan lumba - lumba hidup di perairannya.

5. Yushan, China


Yushan, bagian dari Taman Nasional Yushan, adalah pegunungan pusat di Taipei China dan juga nama dari titik tertinggi dari pegunungan ini. Pegunungan ini juga disebut Gunung Giok dan tingginya mencapai 3.952 m di atas permukaan laut. Taman ini juga dikenal beragam satwa liar dan ekologi. Lingkungan di sekitar Yushan itu sendiri membentang dari hutan sub - tropis pada bagian dasarnya sampai ke kondisi alpine pada puncaknya.

6. Vesuvius, Italia


Gunung Vesuvius adalah gunung berapi di timur Napoli, Italia. Ini adalah satu - satunya gunung berapi di daratan Eropa yang telah meletus dalam seratus tahun terakhir, meskipun saat ini tidak meletus. Vesuvius terkenal karena letusan di tahun 79 M yang menyebabkan kehancuran kota - kota Romawi Pompeii dan Herculaneum. Gunung ini telah meletus beberapa kali sejak itu dan saat ini dianggap sebagai salah satu gunung berapi yang paling berbahaya di dunia.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×