Gunung Datar Terbesar Di Dunia

Gunung Datar? Selama ini kita mengenal gunung dengan bentuk yang mengerucut, tetapi ada yang unik dari bentuk gunung Roraima di Venezuela ini. Di puncaknya merupakan bidang datar seperti meja yang bersih dari tanaman. Hal ini disebabkan oleh curah hujan yang terlalu tinggi yang menyebabkan tanaman yang tumbuh di puncaknya ikut terbawa hujan.


Gunung ini surganya para backpaker dan para pecinta flora dan fauna. Untuk mencapai ke atasnya sudah tersedia jalur tangga yang sengaja di bangun oleh pemerintah Venezuela. Butuh waktu setidaknya 5 - 6 hari untuk mengeksplorasi gunung yang termasuk situs warisan dunia ini. Bagi Anda yang hobi climbing bisa merayap di dindingnya dengan peralatan rock climbing Anda.

Orang yang pertama mendaki gunung ini adalah Im Thurn dan Perkins pada 18 Desember 1884. Mereka berdua mendaki dari sisi tenggara yang sekarang disebut Im Thurn rute, satu - satunya cara termudah untuk mencapai puncak. Dalam ekspedisinya, Im Thurn harus berjuang menempuh jarak ratusan kilometer juga melewati sungai dan hutan - hutan liar beserta binatang buas yang berbahaya.

Setelah Im Thurn dan Perkins, banyak ekspedisi ilmiah Inggris yang datang untuk mengumpulkan dan melakukan penelitian mengenai flora dan fauna aneh yang ada di gunung Roraima dan menghasilkan banyak spesies baru yang ada di sana dan gunung ini sudah ditetapkan dalam daftar situs warisan dunia.


Pada tahun 1912, telah di terbitkan buku The Lost World , sebuah novel fiksi yang menceritakan tentang pencarian tanaman purba dan dinosaurus. Karena novel ini akhirnya membuat Roraima mulai di kenal ke dunia. Buku ini di tulis oleh Sir Arthur Conan Doyle.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×