6 Puncak Pegunungan Jayawijaya

Pegunungan Jayawijaya adalah pegunungan di wilayah Papua Indonesia yang juga disana terletak salah satu dari 7 puncak dunia di 7 benua, yakni Carsztenz Pyramid berada. Pegunungan Jayawijaya juga pegunungan di Indonesia yang berjuluk gunung beratap salju di Khatulistiwa walaupun tidak semua puncak di Jayawijaya berselimut salju. Bahkan banyak salju di puncak - puncak Jayawijaya yang mulai menghilang karena perubahan iklim.

Pegunungan Jayawijaya sendiri memiliki 6 puncak, yakni:

1. PUNCAK JAYA


Adalah puncak yang menjadi bagian dari Barisan Sudirman berada di propinsi Papua, Indonesia. Puncak Jaya memiliki ketinggian 4884 mdpl dan dimana puncak gletser Carstenz berada, satu - satunya gletser tropis di Indonesia, yang kemungkinan besar akan segera hilang karena pemanasan dipuncak. Paling sekali bernama Poentjak Soekarno dan merupakan gunung tertinggi di Oseania. Puncak Jaya adalah salah satu dari tujuh puncak dunia.

2. PUNCAK YAMIN 4.535 M.dpl


3. PUNCAK MANDALA 4.760 M.dpl


Pada masa penjajahan Belanda dikenal sebagai Julianatop atau Puncak Juliana adalah salah satu gunung di Papua, Indonesia. Dengan ketinggian 4.760 m, Puncak Mandala adalah gunung tertinggi ke-2 di Indonesia setelah Puncak Jaya. Puncak Mandala membentuk bagian Pegunungan Bintang bagian timur dan berada dekat perbatasan Papua Nugini.

4. PUNCAK IDENBERG 4.673 M.dpl


5. PUNCAK CARSZTENSZ TIMUR 4400 M.dpl


6. PUNCAK TRIKORA 4.751 M.dpl


Puncak Trikora merupakan sebuah gunung yang terdapat di Papua Barat, Indonesia. Puncak Trikora mempunyai ketinggian setinggi 4,751 meter, menjadikannya gunung tertinggi ketiga di Indonesia setelah Puncak Jaya dan Puncak Mandala. Puncak Trikora mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Di zaman pemerintahan Belanda gunung ini dikenal dengan nama Wilhelminatop ( Puncak Wilhelmina ).

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×