Mengapa Harus Ke Rinjani?

Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia setelah gunung Kerinci. Ketinggian Rinjani, 3.726 mdpl menjadi bagian dari keindahan alam Indonesia dan juga sebagai destinasi petualangan untuk memuaskan para pecinta alam dimanapun berada. Rinjani yang berlokasi di Lombok Nusa Tenggara Barat juga merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani.


Untuk mendaki Gunung Rinjani, ada beberapa jalur pendakian. Bagi pemula disarankan untuk mendaki melewati jalur Sembalun Lawang karena mudah dijangkau dengan transportasi umum. Selama perjalanan menuju Sembalun Lawang, pendaki akan disuguhi pemandangan indah dari ngarai hijau yang hingga kini masih di huni suku Sasak Tradisional, suku asli Pulau Lombok.

Saat tiba di Sembalun Lawang, pendaki wajib mendaftarkan diri sebelum memulai perjalanan. Disini juga tersedia jasa pemandu, porter, dan penyewaan peralatan serta perbekalan untuk mendaki gunung. Pendakian Rinjani dari Sembalun Lawang bisa dilakukan dalam jangka waktu dua hari satu malam hingga satu minggu, sesuai keinginan pendaki. Saat sebelum pendakian, sangat penting untuk memersiapkan stamina dan juga perbekalan, karena medan yang akan ditempuh cukup berat.

Setelah melapor pada pos jaga Taman Nasional di Senaru, perjalanan diawali dengan melewati perkebunan penduduk dan mulai memasuki hutan. Setelah melewati tiga pos dengan jarak tempuh sekira lima jam, dari pos 3 ( Mondokon Lolak ) yang berada pada ketingian 2000 meter di atas permukaan laut dapat dilihat pos Pelawangan Senaru setelah berjalan selama dua jam.

Di Pelawangan Senaru bisa dilihat Segara Anak dan Puncak Rinjani. Di sebelah barat puncak Rinjani terdapat kaldera yang memiliki sebuah danau bernama Danau Segara Anak dengan kedalaman 230 meter. Air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah, mengalir melewati jurang yang curam.

Danau ini berisi banyak ikan seperti ikan mas, nilam dan mujair, membuatnya menjadi tempat pemancingan warga setempat. Di dekat danau ada anak Gunung Rinjani yang memiliki sumber air panas yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit. Dari arah danau untuk mencapai puncak Rinjani, kita kembali menuju Pelawangan Senaru, yang merupakan camp terakhir.

Biasanya disini pendaki akan menginap semalam, baru kemudian pagi harinya sekitar jam 2 pagi melanjutkan perjalanan menuju puncak. Hal ini untuk mengejar waktu melihat matahari terbit yang indah di puncak Rinjani.Yang membuat istimewa dari puncak Rinjani adalah saat melihat matahari terbit di puncaknya, juga terlihat laut dan pulau Lombok.

Bagi para pendaki Gunung Rinjani sebaiknya pada bulan April, Mei, Juni, Juli, Agustus September, dan sampai pada awal November. Dan juga sebaiknya pendaki Gunung Rinjani di atas umur 10 tahun karena di bawah umur 10 tahun dengan ketinggian 2.600 meter suasana udara sangat padat dan tidak diperkenankan para pendaki penyakit jantung dan vertigo indikasi ( daya tarik bumi bila melihat jurang ada rasa takut ).

MENGAPA HARUS KE RINJANI?
Alam dan hutan yang masih terjaga, kearifan lokal yang membuat rindu, Segara Anak yang membuat betah berlama - lama di sana, gunung Baru Jari dan sumber air panasnya yang mempesona selain untuk kesehatan, pemandangan alam dari puncak Rinjani yang jarang kita temui di puncak - puncak gunung lainnya, yakni hijaunya pulau Lombok, lautan, dan jika beruntung, gunung Agung dan eloknya Bali akan terlihat.

Rinjani, gunung yang mempesona, memang gunung yang harus Anda daki. Cobalah daki Rinjani dan semoga kita akan semakin membumi. Awalilah cinta alam Indonesia dengan mengenal Rinjani!

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×