7 Destinasi Untuk Lebih Dekat Dengan Rasulullah

Cobalah saat Anda Umrah dalam traveling spiritual di Tanah Suci, kunjungi 7 destinasi wisata religi dan ziarah yang berkaitan dengan Rasul Muhammad seperti di bawah ini. Selain itu, wisata rohani Umrah juga memberikan kesempatan untuk lebih dekat dengan Nabi Muhammad Saw.

Bisa dibilang wisata rohani, karena ada banyak tempat bersejarah. Ada Gunung Jabal Nur, tempat menerima wahyu, Gunung Jabal Tsur, napak tilas ibadah haji, Arafah, Mina, Makkah.

Memang tidak salah, sejumlah destinasi di Makkah dan Madinah memang kuat dengan unsur sejarahnya, apalagi sejarah Nabi Muhammad SAW sejak lahir sampai meninggal. Dan berikut ini 7 destinasi untuk lebih dekat dengan Rasulullah.

1. Masjidil Haram
Inilah masjid paling penting untuk umat Islam. Ka'bah di dalam masjid ini menjadi kiblat, patokan umat Islam di seluruh dunia untuk shalat. Masjid ini penting karena menjadi pusat kegiatan dakwah Nabi Muhammad bahkan sejak beliau belum menjadi nabi.

www.belantaraindonesia.org

Nabi Muhammad ketika muda belia mendapat gelar Al Amin, Yang Dipercaya, setelah dia memberikan solusi pemindahan batu Hajar Aswad yang lepas dari Ka'bah di Masjidil Haram saat dilanda banjir. Dari Masjidil Haram pula, Rasulullah memulai perjalanan penting Isra Mi'raj ke Masjidil Aqsa lantas ke Sidratul Muntaha untuk menerima perintah Shalat.

Jamaah umrah akan banyak menemukan tempat - tempat penting di dalam Masjidil Haram. Sejumlah aktivitas ibadah di Masjidil Haram disusun berdasarkan sunah Rasul, yaitu berbagai kebiasaan Nabi Muhammad di Masjidil Haram.

2. Rumah tempat lahir Nabi Muhammad

www.belantaraindonesia.org

Sebuah perpustakaan di daerah She'eb Banu Hashim di Makkah memiliki sejarah sangat penting. Bangunan antik ini dulunya adalah rumah di mana Nabi Muhammad dilahirkan pada tanggal 12 Rabiul Awwal Tahun Gajah. Walau bangunan ini sudah berubah fungsi, traveler peziarah tetap bisa mendapatkan kisah kelahiran sang nabi di tempat ini.

3. Jabal Nur
Jabal Nur adalah gunung batu yang terletak sekitar 6 km dari Masjidil Haram. Di dekat puncaknya ada gua kecil bernama Gua Hira, panjangnya hanya 4 meter dan lebarnya hanya 1,5 meter. Ini adalah gua di mana Nabi Muhammad menerima wahyu pertama sebagai seorang nabi.

www.belantaraindonesia.org

Jamaah haji dan umrah sering mampir ke tempat ini usai ibadah. Naiklah sampai puncaknya dan Anda bisa membayangkan bagaimana Nabi Muhammad memakai tempat ini untuk merenung dan berdzikir.

4. Jabal Tsur

www.belantaraindonesia.org

Jabal Thur adalah gunung lain di luar Kota Makkah yang punya sejarah penting dalam hidup Nabi Muhammad. Dalam sejarah hijrahnya Rasulullah ke Madinah, beliau sempat bersembunyi 3 hari dan 3 malam dari kejaran Suku Quraisy dari Makkah. Rasulullah tidak sendiri, melainkan ditemani sahabatnya Abu Bakar. Traveler bisa datang ke tempat ini untuk meresapi perjuangan Rasulullah.

5. Masjid Nabawi

www.belantaraindonesia.org

Masjid Nabawi di Madinah adalah masjid terpenting kedua bagi umat Islam setelah Masjidil Haram di Makkah. Di masjid ini, Rasulullah melanjutkan dakwahnya menyebarluaskan Islam ke seluruh dunia. Masjid ini menjadi tempat Nabi Muhammad berdiskusi dengan para sahabatnya, berkhutbah dan melakukan banyak kegiatan penting lainnya.

6. Raudhah

www.belantaraindonesia.org

Di dalam Masjid Nabawi, ada Raudhah. Tempat ini aslinya adalah halaman rumah Nabi Muhammad SAW. Namun saat Masjid Nabawi dilebarkan, rumah Rasulullah akhirnya masuk ke dalam bagian masjid. Para jamaah haji selalu berupaya keras berdesak - desakan agar bisa masuk dan berdoa di tempat ini. Tempat ini sudah dibuka 24 jam, untuk mengurangi kepadatan jamaah. Jamaah perempuan pun punya jadwal tertentu agar tidak bercampur dengan jamaah pria.

7. Masjid Quba
Masjid Quba adalah destinasi wisata religi yang juga penting saat haji dan umrah. Masjid yang berada di luar kota Madinah ini adalah masjid yang pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad.

www.belantaraindonesia.org

Rasulullah yang baru hijrah dari Makkah bersama sahabatnya Abu Bakar membangun sebuah masjid untuk umatnya beribadah. Para jamaah haji dan umrah bisa mampir ke sini untuk mempelajari perjuangan Rasulullah dalam menyebarkan agama Islamsource

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×