Buang Stress Di Alam Liar!

Stress menghadapi pekerjaan yang menumpuk? Ayo buang stress dan jernihkan pikiran dengan mengunjungi ke 5 tempat khusus pecinta alam berikut ini. Rasakanlah kebebasan yang mungkin selama ini Anda cari - cari di alam liar.

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa Anda pilih untuk menjernihkan pikiran, dan menghilangkan stress. Salah satunya adalah dengan menyalurkan hobi. Untuk Anda yang senang berenang, bisa datang ke laut, lalu bagaimana jika Anda penggila hutan dan gunung? Berikut adalah 5 tempat cocok didatangi para pecinta alam bebas untuk menghilangkan stress:

1. Rinjani, Lombok
Gunung pertama yang bisa membantu Anda menghilangkan stress adalah Gunung Rinjani di Lombok. Gunung ini terkenal dengan keindahan alamnya, lengkap dengan lanskap perbukitan yang indah.

www.belantaraindonesia.org

Anda bisa meluapkan stress dan menghilangkan beban pikiran dengan menjelajah Rinjani lewat 2 jalur yang dimiliki, yaitu Jalur Sembalun dan Senaru. Khusus jalur kedua, sebaiknya hanya dilalui oleh Anda yang hobi memacu adrenalin, karena medannya yang terkenal ekstrem.

Masuk jalur pertama, yaitu Sembalun, jalur ini menawarkan lanskap perbukitan yang sangat indah. Hamparan savana terbentang luas sepanjang mata memandang. Asyiknya lagi, jalur ini memiliki trek yang tidak begitu curam, jadi cocok untuk Anda yang ingin menghilangkan stress sambil menikmati keindahan gunung dengan mendaki santai.

Nah, kalau yang ingin meluapkan stress dengan mencoba tantangan yang memicu adrenalin, jalur kedua yaitu Senaru bisa menjadi solusi. Jalur ini memiliki trek yang lebih curam, namun lebih pendek. Anda pun bisa lebih cepat mencapai puncak ketimbang melalui Sembalun.

Meski treknya cukup curam dan terjal, para pendaki akan dihadiahi dengan pemandangan yang super indah dari atas Puncak Senaru, yaitu puncak Rinjani dan Gunung Baru Jari. Jadi, jalur mana yang akan Anda pilih?

2. Gunung Bromo
Selain Rinjani, gunung lain yang bisa menjadi obat penghilang stress Anda adalah Bromo. Gunung ini dikenal dengan keindahan alamnya, terutama saat Matahari terbit. Melihat sang surya terbit dari atas Gunung Bromo, bagaikan penawar racun stress yang telah lama berada di kepala. Tidak percaya?

www.belantaraindonesia.org

Kalau tidak percaya, coba saja langsung datang sendiri. Bangunlah pagi buta dan langkahkan kaki menuju puncak Gunung Bromo. Nikmati setiap pemandangan yang tersaji di sepanjang trek pendakian Bromo.

Tapi jangan lupa mengenakan pakaian tebal, karena saat itu udara Bromo bisa kurang dari 10 derajat Celcius. Meski begitu, perjuangan pendakian yang diselimuti udara dingin, akan terbayar begitu sosok Matahari yang segar keluar dari peraduan. Inilah momen terbaik di Bromo.

Jeprat! Jepret! Jangan habiskan waktu hanya dengan mengagumi keindahan Bromo dari puncaknya. Ada lembah pasir dan kawah kaldera yang bagus diabadikan lewat kamera. Sebuah komplek Pura juga terlihat dari kejauhan, membuat pemandangan semakin berbeda.

3. Gunung Semeru
Mau tahu surga pendakian lain yang bisa menjadi penawar stress Anda? Gunung Semeru jawabannya. Inilah destinasi favorit para pecinta olahraga mendaki gunung. Alamnya sangat menjanjikan keindahan tiada dua.

www.belantaraindonesia.org

Gunung ini berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur. Dengan ketinggian 3.676 mdpl, Semeru punya banyak tempat dengan pemandangan menakjubkan, sebut saja Ranu Pane, Oro-oro Ombo, Kalimati, Arcopodo, dan Puncak Mahameru.

Dakilah Semeru dengan perlahan, dan temukan surga pertama di Semeru, Ranu Kumbolo namanya. Ini adalah tempat yang terkenal dan menjadi incaran utama para pendaki setelah Puncak Mahameru.

Ranu Kumbolo memiliki bentuk seperti lembah dengan danau dan pemandangan hijau yang tak henti sepanjang mata memandang. Menengok ke danau, Anda langsung dihadapkan dengan perairan luas berwarna biru bersih.

Tidak sampai di situ, surga sesungguhnya Semeru ada di Puncak Mahameru. Treknya cukup menantang dengan padang pasir yang curam dan licin. Tapi semua itu akan terbayar begitu Anda tiba di Mahameru. Pemandangan paling indah dari puncak tertinggi di Pulau Jawa terpampang di depan mata.

Matahari terbit akan tampak cantik dari Mahameru. Belum lagi kabut tebal yang menyelimuti kawasan gunung, sangat sayang jika tidak segera diabadikan. Stress pun akan berganti dengan rasa takjub memandangi keindahan di depan mata.

4. Pulau Rinca
Bosan dengan gunung? Anda tetap bisa memuaskan hasrat menjelajah di Pulau Rinca, Flores. Ini adalah pulau yang masih masuk dalam Taman Nasional Komodo di Flores Barat, NTT yang terkenal dengan datarannya yang indah, dan menjadi incaran para pecinta trekking.

www.belantaraindonesia.org

Pulau Rinca adalah perbukitan savana yang bisa membawa Anda seolah berada di Afrika. Betapa tidak, hampir seluruh permukaan pulau ditutup dengan padang savana.

Tak perlu ragu lagi, keindahan daratan pulau ini memang patut diacungi jempol, seperti ketika kami berkunjung beberapa waktu lalu. Baru saja melewati pintu masuk, Anda langsung disambut dengan tanah lapang berisi pohon - pohon bakau.

Ya, traveling ke Pulau Rinca jelas akan menghilangkan stress Anda dan menggantinya dengan keceriaan. Tapaki setiap rutenya mulai dari yang menanjak, menurun, hingga melewati bebatuan dan hutan. Benar - benar jauh dari kata bosan.

Trekking di Pulau Rinca akan semakin asyik ketika Anda bertemu dengan Komodo, penghuni tetap Rinca. Tapi hati - hati ya, karena reptil ini bisa ada di tanah, atau mungkin di dahan pohon.

5. Trekking Ujung Kulon
Kalau Pulau Rinca dirasa terlalu jauh, Anda bisa mencoba jelajah ke barat Jawa, yaitu Taman Nasional Ujung Kulon ( TNUK ) di Banten. Taman nasional ini punya banyak jalur menakjubkan yang bisa Anda lalui.

www.belantaraindonesia.org

Masuklah ke taman nasional, dan tanggalkan semua stress yang menggelayuti pundak Anda. Nikmati suasana hutan bakau yang mungkin tidak Anda temui di tempat lain. Tapaki perlahan setiap treknya, jangan lupa tengok ke bawah, siapa tahu ada jejak kaki badak bercula satu di sana.

Taman Nasional Ujung Kulon tidak hanya dipenuhi dengan hutan bakau, tapi juga pepohonan besar yang menjadi rumah para monyet. Jalanlah perlahan, hirup udara segar dan nikmati suara monyet serta kicauan burung di sana.

Tak sekadar menyajikan pemandangan hutan rimbun, TNUK juga memiliki pantai paling aduhai dan masih perawan, Pantai Karangranjang namanya. Pantai ini langsung menghadap Samudera Hindia. Jadi jangan heran kalau ombak di sana begitu tinggi dan kencang.

Tanpa buang waktu lama - lama, teriakkan kekesalan Anda di pantai ini. Luapkan emosi di hati, dan biarkan semua hilang seiring dengan hilangnya ombak di pantai dengan perlahan. source

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×