Tips Mendaki Gunung Tambora

Gunung Tambora, inilah gunung yang menakjubkan sekaligus menakutkan dalam sejarah letusan gunung berapi di Bumi. Gunung Tambora yang berketinggian 2.851 Mdpl adalah gunung api yang masih aktif sekaligus menyodorkan panorama alam yang amat spetakuler dengan sejarah letusannya yang mendunia.

Tips Mendaki Gunung Tambora

Kawasan Gunung Tambora terbagi menjadi dua lokasi konservasi yaitu: Tambora Wildlife Reserve dengan luas 80.000 hektar dan Tambora Hunting Park seluas 30.000 hektar.

Kawasan Gunung Tambora berwarna coklat diselimuti hutan lindung lebat. Perhatikan bagaimana perbedaan kontras kawasan gunung ini dengan alam sekitarnya.

Gunung Tambora berlokasi di Bima, Provinsi Nusa Tenggara barat di antara Kabupaten Dompu ( sebagian kaki sisi selatan hingga barat laut ) dan Kabupaten Bima ( lereng sisi selatan hingga barat laut dan kaki hingga puncak sisi timur hingga utara ).

Waktu tepat mendaki Tambora adalah antara Juli dan Agustus karena saat itu cuaca cukup baik untuk pendakian.

Melakukan pendakian ke Gunung Tambora disarankan melalui jalur resmi, yaitu melewati Dusun Pancasila yang relatif lebih aman.

Anda dapat menggunakan kendaraan dari Cabang Banggo ( Mbanggo ) di Kabupaten Sanggar dengan jarak tempuh sekira 2  jam lebih.

Berikutnya dapat menginap di basecamp milik Bapak Lewah ( Terakhir Kepala Dusun Pancasila ) atau menginap di rumah Bapak M Yusuf ( Babe ) yaitu seorang guide pendakian ke Gunung Tambora.

Lanjutkan perjalanan dari Dusun Pancasila menuju ke Pos I selama 1 jam dimana di Pos I terdapat sebuah pondokan yang menyediakan sumur jernih untuk bekal air.

Dari Pos I menuju ke Pos II dapat di tempuh selama 1 jam. Berikutnya dari Pos II melanjutkan perjalanan ke Pos III melalui hutan lebat selama 3 jam.

Di Pos III manfaatkan untuk mengambil air sebagai bekal perjalanan selanjutnya. Dari Pos III menuju ke Pos IV ditempuh selama 1 jam, kemudian dari Pos IV menuju ke Pos V ditempuh selama 30 menit.

Dari Pos V menuju ke bibir kawah Tambora dapat ditempuh selama 2 jam. Dari sinilah akan Anda dapati vegetasi bunga edelweiss membentuk barisan dengan letaknya masing - masing berjauhan sekitar dua meter sampai 100 meter.

Anda diharapkan tidak mengambil bunga ini untuk dibawa pulang karena dilindungi. Perlu diperhatikan jalan masuk melalui hutan lindung saat hujan banyak didapati lintah jadi kenakan perlengkapan hiking yang tepat.

Tips Mendaki Gunung Tambora

Selain bisa menikmati terbitnya Matahari yang menakjubkan dari puncak Gunung Tambora, Anda dapat menikmati suasana alami yang masih banyak dihuni beragam hewan terutama rusa.

Ada pula babi hutan, sapi liar, kerbau, monyet, landak, biawak, musang, kura - kura. Ada juga berbagai jenis burung seperti kakaktua kepala putih, nuri merah, ayam hutan, elang, dan gagak.

Pendakian ke Gunung Tambora rata - rata diperlukan waktu selama 3 hari 2 malam melalui hutan lindung. Sangat penting bagi Anda dan tim untuk betul - betul melakukan persiapan beberapa minggu sebelumnya demi mengurangi resiko selama pendakian ke Tambora.

Ketika Anda berdiri di puncak Gunung Tambora maka akan mendapati pemandangan kawah, padang pasir, samudera lautan yang sulit digambarkan dengan kata - kata.

Kelelahan dan perjuangan berhari - hari untuk menuju puncak hanya dapat diutarakan dengan kepuasan batin individu yang membenamkan pengalaman yang amat berarti seumur hidup. Sebuah kelas alam untuk memahami diri akan Anda peroleh dengan mendaki ke Tambora.

Ada bukit kecil tandus menjulang di sisi barat kawah Tambora dimana itulah puncak Tambora saat letusan pada 1815.

Pada zona puncak ini permukaan tanahnya ditutupi kerikil dan Anda perlu waspada agar tidak terpeleset. Di pucuk bukitnya ada pula  tonggak batu setinggi setengah meter sebagai tanda ketinggian 2.722 m dari Gunung Tambora saat ini.

Anda dapat arahkan pandangan dengan leluasa dari sini dimana selain kawah di sebelah timurnya, terlihat pula  pucuk Gunung Rinjani yang menyembul ditutupi selaput awan.

Dari puncak Tambora terlihat Pulau Satonda yang indah dan unik karena terdapat danau jernih dikelilingi tebing - tebing perbukitan.

Di Danau Satonda berdiam berbagai jenis ikan yang hanya ada di danau tersebut. Pulau Satonda juga menjadi habitat sejumlah jenis burung yang dilindungi.

Gunung Tambora berada di Bima, Nusa Tenggara Barat. Anda dapat menjangkaunya dengan pesawat udara dari Mataram, Lombok sekitar 1 jam menuju Bima.

Dari Bima lanjutkan perjalanan darat menuju Dompu sekitar 60 km kemudian ke Kore yang berjarak 100 km. Dari Kore lanjutkan perjalanan dengan speedboat menuju Labuhan Bili sekitar 3 jam.

Untuk mendaki Gunung Tambora dapat dimulai dari Desa Pancasila yang terletak di kaki Gunung Tambora.

Perjalanan menuju Calabai dapat ditempuh dalam waktu 8 jam dari Sumbawa Besar, 5 Jam dari Dompu dan 6 jam dari Bima.

Calabai sendiri merupakan kota kecil penghasil kayu yang terletak diujung utara Semenanjung Gunung Tambora.

Untuk menuju ke Gunung Tambora ada 3 titik konsentrasi desa - desa sekitar lereng Gunung Tambora. Di timur adalah Desa Sanggar, ke arah laut adalah Desa Doro Peti dan Desa Pesanggrahan, dan di barat adalah Desa Calabai.

Ada dua jalur pendakian untuk mencapai kaldera, pertama dimulai dari desa Doro Mboha di tenggara gunung yang mengikuti jalan beraspal melalui perkebunan hingga akhir dari rute ini adalah bagian selatan kaldera.

Lokasi ini biasanya digunakan sebagai base camp untuk memantau aktivitas gunung berapi, karena hanya dalam waktu 1 jam untuk mencapai kaldera. Rute kedua, dimulai dari Desa Pancasila di barat laut gunung dengan dengan berjalan kaki.

Untuk melakukan pendakian menuju Gunung Tambora maka Anda dapat setidaknya perlu waktu minimal selama 2 hari perjalanan dimana wajib dilakukan dalam sebuah tim dan tidak sendirian.

Perjalanan hari pertama dapat melalui Dusun Pancasila atau Pos 3 berikutnya di hari kedua melalaui jalur Pos 3 - Summit - Dusun Pancasila.

Pilihan lain yang memungkinkan adalah persiapan lebih optimal selama 3 hingga 4 malam dengan rincian adalah sebagai berikut:

Hari 1: Dusun Pancasila - Pos 2
Hari 2: Pos 2 - Pos 5
Hari 3 : Pos 5 - Puncak - Pos 2
Hari 4 : Pos 2 - Dusun Pancasila
 

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×