Rute Menuju Segara Anak Rinjani

Anda ingin menuju ke Segara Anak yang terletak di Gunung Rinjani di Lombok Nusa Tenggara Barat? Tentunya tidak akan Anda temukan transportasi kendaraan selain kaki Anda! Ya, Anda harus berjalan kaki menuju kesana. Berjalan kaki adalah satu - satunya cara yang paling tepat dan menantang untuk sampai ke Segara Anak.

www.belantaraindonesia.org

Maka dari itu berikut adalah informasi mengenai jalur trekking yang dapat Anda pilih untuk sampai ke Danau Segara Anak dan puncak Gunung Rinjani. Tapi percayalah, rasa lelah akibat pendakian panjang akan terobati begitu tiba di danau kawah ini atau di puncak Rinjani.

Ada beberapa jalur yang dikenal sebagai jalur pendakian Danau Segara Anak dan atau puncak Rinjani. Pertama, Jalur Sembalun; jalur ini cukup ramai dipilih oleh wisatawan dan pendaki. Jalur Sembalun adalah sebagai berikut: Mataram – Sembalun – Sembalun Lawang – Danau Segara Anak.

Jarak dari Mataram ke Sembalun adalah 4 - 5 jam perjalanan berkendara. Anda dapat menyewa mobil untuk sampai langsung ke Sembalun. Akan tetapi, apabila Anda memilih naik angkutan umum, Anda harus berganti mobil dua kali. Dari Mataram naik angkutan menuju Aikmel; perjalanan kemudian dilanjutkan dari Aikmel menuju Sembalun dengan kendaraan umum lainnya. Sebaiknya Anda pergi pagi apabila menggunakan angkutan umum, sebab angkutan Aikmel – Sembalun hanya beroperasi sampai pukul 12 siang saja.

Jalur ini didominasi oleh padang sabana, karenanya jalur tersebut agak panas sebab paparan terik Matahari di padang terbuka. Meski begitu, jalur ini tetap menyuguhkan pemandangan alam yang cantik dan tidak terlalu curam jika dibanding jalur Senaru.

Kedua, Jalur Senaru: Mataram – Senaru – Danau Segara Anak – Pelawangan Sembalun – Puncak Rinjani.

Dari Terminal Mandalika di Mataram, perjalanan menuju Senaru dapat ditempuh dengan kendaraan umum atau sewa selama 3 - 4 jam. Dari Senaru menuju Danau Segara Anak dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama 7 - 10 jam. Apabila Anda ingin sampai ke puncak Rinjani, untuk mencapai titik selanjutnya yaitu Pelawangan Sembalun, perjalanan memakan waktu 4 jam. Dari sana, perjalanan menuju puncak dapat ditempuh selama 2 - 3 jam jalan kaki.

Jalur Senaru termasuk paling ramai dipilih pengunjung. Jalur ini juga merupakan jalur pendakian yang juga biasa ditempuh masyarakat Lombok saat hendak menggelar upacara keagaman dan budaya di Danau Segara Anak.

Berbeda dengan Jalur Sembalun yang didominasi padang sabana, jalur Senaru adalah berupa jalur menembus hutan belantara dan melewati rute dengan bebatuan. Namun, tak perlu khawatir, pada jalur berbatu ini sudah dilengkapi dengan tali pengaman untuk Anda berpegangan. Selain itu, terdapat tiga pos sebagai sarana istirahat sebelum tiba ke danau. Apabila ingin menuju puncak Gunung Rinjani, perjalanan dilanjutkan selama 4 - 5 jam jalan kaki.

Ketiga, Jalur Torean: Mataram – Torean – Danau Segara Anak. Mataram menuju Torean adalah sekira 4 - 5 jam berkendara. Dari Torean, perjalanan menuju Danau Segara Anak dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama 8 - 9 jam. Berbeda dengan kedua jalur sebelumnya, jalur ini menawarkan pemandangan berupa sungai, ladang pertanian, perkebunan, hutan produksi, dan padang pengembalaan, dan kesempatan mengamati hewan - hewan dan tumbuhan khas di kawasan tersebut. 

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×