Keheningan Di Gua Cerme

Tak banyak yang mengetahui keberadaan gua Cerme, gua peninggalan sejarah yang terletak di dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul atau sekitar 20 km selatan Yogyakarta ini sangat sepi pengunjung bila dibandingkan dengan gua Jomblang atau gua Pindul yang berada di daerah Gunung Kidul.

www.belantaraindonesia.org

Gua Cerme memiliki panjang 1,5 km yang tembus hingga sendang di wilayah Panggang, desa Ploso, Giritirto, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai gua, terdapat tangga setinggi 759 m. Kata Cerme berasal dari kata ceramah yang mengisyaratkan pembicaraan yang dilakukan Walisongo.

Gua Cerme dulunya digunakan oleh para Walisongo untuk menyebarkan agama Islam di Jawa. Selain itu, gua Cerme juga digunakan untuk membahas rencana pendirian Masjid Agung Demak. Setiap Senin atau Selasa wage, selalu diadakan upacara syukuran untuk meminta berkah kepada Tuhan.

www.belantaraindonesia.org

Gua ini termasuk panjang dan dalam, butuh waktu sekitar 2 jam dari pintu masuk hingga tembus ke pintu keluar. Daya tarik gua Cerme adalah Stalaktit, Stalakmit dan sungai bawah tanahnya. Ketinggian air didalamnya sekitar 1 – 1.5 meter. didalam gua terdapat banyak sekali ruangan seperti panggung pertemuan, air zam zam, mustoko, air suci, watu kaji, pelungguhan / paseban, kahyangan, grojogan sewu, air penguripan, gamelan, batu gilang, lumbung padi, gedung sekakap, kraton, panggung, goa lawa dan watu gantung.

www.belantaraindonesia.org
www.belantaraindonesia.org

Bila kita beruntung kita dapat menemui hewan penunggu gua seperti kelelawar, jangkrik gua, ular atau biawak. Untuk itu jangan lupa untuk melengkapi petualangan menyusuri Gua Cerme dengan perlengkapan standar caving, demi kenyamanan dan keselamatan anda. Selamat menjelajah... Ivan Setyanto

 

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×