Buah Kurma Untuk Bekal Pendakian

Buah Kurma Untuk Bekal Pendakian. Bermanfaat? Ya, karena buah kurma bisa digunakan untuk menambah energi selain juga dengan bekal buah kurma tidak akan terlalu memberatkan beban Anda, karena buah kurma tidak akan sebesar buah kelapa! Kemudian manfaat seperti apa dengan mengkonsumsi buah kurma dalam pendakian Anda?

www.belantaraindonesia.org

- Kurma merupakan makanan yang mudah dicerna dan juga mengandung gula dan air dalam satu makanan.

- Kurma adalah makanan yang paling baik. Kurma mengandung zat gula yang tinggi yaitu antara 75 - 87% dan glukosanya sebanyak 55%, fructose ( fraktosa ) 45% lebih tinggi dari jumlah protein, minyak dan beberapa vitamin ( seperti vitamin A, B2, B12 ), dan sejumlah zat penting lain seperti kalsium, phosphor, potassium, sulfur, sodium, magnesium, cobalt, seng ( zinc ), florin, nuhas ( tembaga ), salyolosa, dan sebagainya. Fraktosa bakal diubah jadi glukosa dengan cepat dan langsung diserap oleh organ pencernaan, lantas dikirim ke seluruh tubuh, khususnya ke organ - organ inti seperti otak, syaraf, sel darah merah, dan sel pembersih tulang.

- Kurma mengandung Gula - gula monosakarida sehingga mudah di cerna oleh tubuh. Kurma bahkan mampu meningkatkan kebasahan lambung yang terlalu asam setelah 13 - 14 jam tak memperoleh makanan dan minuman.

- Bila dibandingkan dengan nasi yang penyerapan dalam tubuh membutuhkan waktu berjam - jam, penyerapan gula kurma di dalam tubuh cukup cepat. Yakni, sekitar 45 - 60 menit.

- Dalam kurma juga terdapat asam salisilat yang biasanya digunakan sebagai bahan baku aspirin. Asam salisila mencegah pembekuan darah, anti inflamasi ( radang ) dan menghilangkan rasa ngilu maupun nyeri.

- Buah padang pasir ini juga mengandung berbagai vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin A, thiamin, riboflavin, zat besi, vitamin B berada dalam buah kurma. Riboflavin dan niasin misalnya, akan membantu melepaskan energi dari makanan, sementara thiamin membantu melepaskan energi dari karbohidrat. Vitamin A dan niasin memainkan peranan dalam membentuk dan memelihara kulit yang sehat. Thiamin penting bagi sel - sel saraf, sementara niasin menjaga fungsi normal saraf.

- Tetapi kurma sebaiknya tidak dimakan oleh mereka yang memiliki penyakit diabetes. Bukannya membaik, kurma akan membuat kadar gula penderita diabetes yang sudah cukup tinggi menjadi lebih tinggi.

- Buah kurma merupakan buah yang ringan untuk di bawa dalam pendakian, manfaatnya lebih banyak ketimbang beratnya.

- Buah kurma memiliki usia kadaluwarsa / basi yang lama. Sebulan pun tak akan basi.

- Saat break dalam pendakian, kurma juga makanan yang praktis dan cepat untuk di konsumsi, tidak perlu perlakuan khusus.

- Ketika mendaki jika ingin kurma tetap dalam kondisi baik, ada baiknya kalau kurma di letakkan dalam sebuah wadah yang terlindungi biar tidak tertekan di tas.

- Ketika membawa kurma, sampah yang di hasilkan hanyalah biji kurma. sehingga aman bagi alam, tidak mengotori / membebani alam.

- Dan yang paling penting, berbagilah kurma yang Anda bawa dengan teman pendakian Anda agar mereka juga dapat merasakan manfaatnya.  src

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×