6 Tips Petualangan Ke Gua

Kegiatan susur gua, baik gua kering maupun gua dengan sungai memiliki persyaratan tertentu. Agar kegiatan susur gua Anda aman dan lancar, ada baiknya Anda memahami 6 tips petualangan ke gua berikut ini. Karena kita semua tahu bahwa kegiatan di alam bebas termasuk susur gua adalah kegiatan yang memiliki resiko yang tidak kecil dari segi keamanan.

www.belantaraindonesia.org

1. SEHAT
Sehat itu pun ada kategorinya. Sehat dalam kriterianya adalah bisa berjalan agak cepat keliling dua kali lapangan bola tanpa berhenti. Jika bisa melakukan hal itu, maka Anda termasuk sehat dan bisa menyusur gua.

Jika tidak, jangan dipaksakan. Karena jika dipaksakan, Anda bisa membahayakan diri sendiri dan juga orang lain. Tunggu di lain waktu sampai tubuh Anda benar - benar fit.

2. MEMAKAI PAKAIAN YANG SESUAI
Ke mana Anda pergi, haruslah mengenakan pakaian yang sesuai agar tidak repot. Saat ke gua, pilihlah sandal yang tidak licin, pakaian yang nyaman dan tertutup.

















































































































































































































































Karena bisa saja, Anda terjatuh dan pakaian yang tertutup akan lebih melindungi tubuh dibanding pakaian yang pendek. Jangan juga lupa untuk menggunakan perlengkapan keamanan yang lengkap.

3. SIAP MENTAL
Kesiapan mental dibutuhkan untuk wisata susur gua. Karena, di dalam minim cahaya, bahkan ada yang minim udara. saat ingin menyusuri gua, ada baiknya menyadari ke mana Anda akan pergi. Jangan langsung kaget melihat dunia di dalam gua.

4. RESPEK TERHADAP ALAM
Gua memiliki ekosistem yang berbeda dengan yang ada di permukaan tanah. Inilah ekosistem di bawah tanah. Beberapa ekosistem malah tidak bisa ditemui di mana - mana selain di dalam gua.

Maka dari itu, pastikan untuk tidak merusak ekosistem yang ada di sana. Mulai dari mencoret - coret hingga mematahkan tanaman atau batu, jangan dilakukan  Jangan mematahkan stalagtit atau stalagmit, atau merusak tanaman yang ada di sana.

5. LAPORKAN JIKA TIDAK BISA BERENANG
Beberapa gua memiliki sungai di bawah tanah dan itu jadi satu - satunya akses untuk menelusuri gua. Walau begitu, kemampuan berenang bukanlah yang paling utama karena ada pelampung dan ban yang bisa jadi alat mengapung.

Tapi, alangkah baiknya jika melaporkan kepada guide jika tidak bisa berenang. Karena dengan begitu, akan ada pengawasan khusus terhadap para cavers yang tidak bisa berenang.

6. JANGAN BERISIK
Di beberapa gua, ada lorong yang tidak memperbolehkan pengunjungnya berisik. Ini karena ada kelelawar atau hewan lain yang mendiami tempat itu. Saat terlalu berisik, maka mereka bisa terganggu dan berakhir malah merugikan para pengunjung.

Tapi, hal itu hanya ada di gua - gua tertentu. Sedang di gua umum, pengunjung bisa mengobrol atau bercanda, asal tahu tempat. Jangan terlalu asyik sendiri karena bisa membahayakan dan merugikan diri sendiri maupun orang lain. src

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×